Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bahayanya Mengendarai Sepeda Motor Sambil Merokok

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang sulit untuk menahan kebiasaan merokok. Saking sukitnya, bahkan saat mengendarai sepeda motor pun masih ada sebagian orang yang melakukannya sambil merokok.

Artinya, masih ada sebagian perokok yang mengabaikan adanya bahaya yang mengintai di balik aktivitas tersebut. Padahal, jika diperhatikan, akibatnya bisa sangat fatal.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, bara api dari rokok yang menyala memiliki potensi bahaya. Bara api atau abu bisa terembus angin dan mengenai pengguna jalan yang di belakangnya.

“Pengendara yang merokok bisa membahayakan orang lain yang ada di belakangnya, seperti bara apinya dapat terbang ke belakang dan mengenai mata pengendara lain,” ujar Marcell, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain melukai pengguna jalan lain, merokok sambil mengendarai motor juga tentunya dapat memicu kecelakaan lalu lintas. Bahkan, bisa menyebabkan kehilangan nyawa jika sampai terjadi kecelakaan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant, mengatakan, pemotor yang merokok saat berkendara tidak akan maksimal saat memegang handle grip.

"Pengendara juga jadi tidak fokus karena pengamatan terbagi ke rokoknya. Hal ini menyebakan perilaku defensive atau safety riding berupa manuver, seperti menghindari objek di depan akan sulit dilakukan," kata Sony.

Sony menambahkan, jalan raya merupakan fasilitas publik bukan milik sendiri. Maka itu, jika pemotor ingin merokok, cari lokasi yang diperbolehkan untuk melakukannya, bukan saat berkendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/06/120100015/ini-bahayanya-mengendarai-sepeda-motor-sambil-merokok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke