Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kriteria Masker buat Bikers yang Cocok Saat PSBB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 14 September 2020, DKI Jakarta akan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti saat awal pandemi Covid-19.

Untuk mencegah penyebaran virus, pengendara sepeda motor sebaiknya tetap memakai masker. Tapi pemilihan masker yang tepat juga mesti diperhatikan.

“Pilihlah masker kain dengan bahan yang nyaman, dapat menyerap keringat, dan tidak terlalu tebal,” kata Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana Makmur Sejati (WMS), kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus mengatakan, masker kain ideal untuk naik motor karena saat memakai helm kepala akan panas terutama jika berkendara di siang hari.

“Selanjutnya, pastikan tali pengikat masker tidak mengganggu kenyamanan telinga pengendara. Bisa gunakan masker dengan tali dari karet, agar lebih nyaman,” kata Agus.

Agus mengatakan, ketika memakai masker, usahakan hanya menutup bagian hidung dan mulut. Jangan sampai terlalu tinggi agar pandangan mata tetap nyaman saat berkendara.

Namun bagi pengendara yang berkacamata, menggunakan masker bisa membuat lensa berembun.

“Agar lensa kacamata tidak berembun, bisa menyelipkan masker di bawah bagian kacamata. Bisa juga dengan melonggarkan kacamata ke depan, jadi tidak terlalu dekat dengan mata,” ujar Agus.

Terakhir, Agus menyarankan agar mengganti masker jika sudah dikenakan selama empat jam terus menerus. Karena itu sebaiknya pengendara memiliki masker cadangan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/11/184100215/kriteria-masker-buat-bikers-yang-cocok-saat-psbb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke