Salin Artikel

Piramida Kecelakaan, Karena Kecelakaan itu Hasil dari Beberapa Insiden

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika mengemudi di jalanan, tentunya ingin terhindar dari adanya kecelakaan. Namun sebenarnya, ada sebuah teori yang mengatakan kalau kecelakaan fatal bermula dari kecelakaan-kecelakaan kecil.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, piramida kecelakaan ini terdiri dari tiga bagian, paling bawah yaitu near miss, kemudian incident, selanjutnya accident dan puncaknya yaitu fatality.

“Near miss ini artinya hampir kecelakaan di jalan, kalau diabaikan oleh pengemudi, ujung-ujungnya akan kecelakaan. Berdasarkan grafik piramida potensi kecelakaan, 1 kali accident berpotensi dari 29 kali incident dan 29 incident potensi dari 300 kali near miss,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Sony mengatakan, near miss itu seperti hampir menyerempet motor, hampir nabrak pohon, hampir keluar jalur, dan lainnya. Jika dari near miss ini diabaikan, lama-kelamaan tentunya akan berakibat insiden.

“Pramida kecelakaan pasti begitu, bisa lebih kecil lagi jika pengemudinya ngeyel. Apalagi jika di lalu lintas kota, bisa-bisa 1 kali incident berpotensi dari 5 kali near miss,” kata Sony.

Jika pengemudi mengurangi kejadian-kejadian near miss di jalanan, bisa jadi kemungkinan kecelakaan akan berkurang. Jika kejadian near miss tadi diabaikan, tidak ada perubahan cara mengemudi drivernya, tentu bisa berakibat kecelakaan.

“Kalau incident itu masuk kategori ringan seperti serempet, kerusakan kendaraan. Tapi kalau accident kategorinya berat, ada korban cedera, dan paling parah itu fatality, ada korban meninggal,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/07/192100515/piramida-kecelakaan-karena-kecelakaan-itu-hasil-dari-beberapa-insiden

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.