Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Cara Aman Menyalip Truk dan Bus di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com – Walaupun terbilang sederhana dan mudah, menyalip bukan kegiatan yang aman. Terutama saat kita ingin menyalip kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus.

Sudah banyak contoh kecelakaan yang melibatkan motor maupun mobil yang kendaraan-kendaraan besar. Oleh sebab itu, pengendara diimbau lebih berhati-hati saat ingin menyalip truk dan bus.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, menyalip kendaraan besar butuh perlakuan khusus.

Salah satunya dengan memberikan tanda, tujuannya agar sopir truk ataupun bus mengetahui keberadaan kita.

“Jelas ada perbedaan saat menyalip truk dan bus. Blind spot truk dan bus lebih besar, dan travel distance saat mendahului lebih panjang sehingga risiko lebih tinggi,” ucap Marcell, kepada Kompas.com (26/8/2020).

“Jadi perlu memastikan bahwa pengemudi truk dan bus mengetahui kalau dia akan didahului, misalnya dengan memberikan isyarat klakson atau lampu dim,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakanTraining Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana. Menurutnya menyalip kendaraan besar lebih sulit ketimbang kendaraan ukuran kecil.

“Karena dimensinya lebih besar, lebih makan tempat sehingga ruangnya terbatas,” ujar Sony, kepada Kompas.com pada kesempatan yang sama.

Pengemudi harus bisa memprediksi panjang kendaraan yang akan disalip, terutama saat melintas di jalan umum. Menurutnya, sebagai ilustrasi ukuran truk dan bus bisa setara panjang 2 atau 3 mobil sedan.

“Pengemudinya mobil besar juga kurang jelas melihat kendaraan yang akan menyusul, jadi rawan kecelakaan dan juga kendaraan besar lebih limbung. Kondisi ini membuatnya lebih sulit mengantisipasi sesuatu di jalan,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/27/101200315/simak-cara-aman-menyalip-truk-dan-bus-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke