Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Kemacetan, Hari Ini Arus Balik Mudik Idul Adha 1441 H

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik menuju Ibu Kota dalam rangka libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu (2/8/2020).

Perkiraan jumlah kendaraan yang akan menuju Jakarta selama H+1 dan H+2 (1-2 Agustus 2020) mencapai 372.692 unit atau naik 33,6 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Dijelaskan Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra, angka tersebut merupakan kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

“Kami memprediksi dari seluruh gerbang tol tersebut, distribusi lalu lintas mayoritas dari arah Timur mencapai 56,3 persen. Sementara itu untuk dari arah Barat sebesar 21,7 persen dan dari arah Selatan sebesar 22,0 persen,” katanya di keterangan tertulis, Sabtu (1/8/2020).

Dalam upaya mengantisipasi kepadatan yang terjadi nanti, perseroan menyiapkan sejumlah strategi bersama Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan serta pihak Kepolisian.

“Yang pertama adalah Jasa Marga mendukung penuh Kementerian Perhubungan dan pihak Kepolisian untuk mengalihkan kendaraan sumbu tiga ke atas agar tidak masuk jalan tol untuk menghindari banyaknya gangguan lalu lintas sebagaimana terjadi Kamis (30/7/2020) lalu," ujar Bima.

"Kemudian, menindaklanjuti arahan dari Bina Marga dan BPJT, Jasa Marga memastikan proyek pekerjaan di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur dihentikan sementara, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan,” lanjutnya.

Tak hanya itu, petugas dan prasarana untuk mendukung mencairkan lalu lintas di lokasi rawan kepadatan seperti KM 66 yang merupakan pertemuan lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga telah disiapkan.

“Lalu, beberapa titik jelang rest area terutama di rest area KM 62, KM 52 dan KM 42. Serta pada GT Cikunir 2 yang akan melayani lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah dan GT Cikunir 4 dan 6 dari Tol Jakarta Cikampek II Elevated menuju Jakarta,” paparnya.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti pengalihan angkutan barang 3 sumbu lebih melintas di jalan tol dan contraflow serta penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan," kata Bima lagi.

Demi kenyamanan bersama, ia juga mengimbau agar pengguna jalan memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, serta pastikan isi saldo uang elektronik cukup.

"Tak lupa juga untuk selalu patuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080," tutup dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/02/074208015/hindari-kemacetan-hari-ini-arus-balik-mudik-idul-adha-1441-h

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke