Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek Berlaku Sistem Buka-Tutup

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan memberlakukan sistem buka tutup rest area di jalan Tol Jakarta – Cikampek selama periode Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Rencana itu diberlakukan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan yang berakibat kepada kemacetan pada arus mudik tahun ini yang jatuh pada Jumat (31/7/2020).

"Kita sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga bahwa kami punya kewenangan untuk melakanakan buka tutup di rest area," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, seperti dilansir laman Humas Polri (30/7/2020).

Oleh karenanya, ia mengimbau pengendara untuk mengisi bensin terlebih dahulu sebelum masuk ke ruas Tol Jakarta – Cikampek sehingga mencegah apabila adanya penutupan rest area secara mendadak akibat kemacetan.

“Kalau misalnya ternyata antrian untuk mengisi bensin atau beristirahat di rest area membeludak sehingga menutup arus ke arah timur tentu kita akan melaksanakan buka tutup,” ujar Sambodo.

Tak hanya itu, Ia mengatakan tempat peristirahatan yang relatif kecil (parking bay) juga bisa saja dilakukan penutupan oleh kepolisian bila kepadatan di tempat tersebut membuat kemacetan di ruas tol.

“Parking bay sebelah kiri jalan yang memang bisa saja itu mengganggu arus lalin kita akan melaksanakan buka tutup untuk kemudian kita akan melancarkan arus sehingga masyarakat yang akan melaksanakan mudik atau liburan idul adha tidak terganggu,” tutupnya.

Pada kesempatan terpisah, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 28 titik pos pengamanan untuk memantau arus mudik dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 2020.

“Momentum ini bagian daripada pelayanan publik pada masyarakat. Kepada para pengguna jalan yang kemungkinan mau pulang kampung, mau jenguk keluarga, kami antisipasi,” katanya.

“Karena ada space waktu, Sabtu-Minggu itu kosong mungkin diluangkan oleh keluarga tertentu yang ingin jenguk keluarganya di kampung,” lanjut Istiono.

Istiono menambahkan, pengamanan arus mudik Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 berbeda dengan ketika pelaksanaan hari raya Idul Fitri sebelumnya.

“Kalau kemarin kami opeprasi khusus, kalau ini hanya kegiatan rutin yang ditingkatkan seperti long weekend saja. Personel kami yang turun kurang lebih 15.000 petugas,” ucap Istiono.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/30/141223315/rest-area-di-tol-jakarta-cikampek-berlaku-sistem-buka-tutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke