Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah New Normal, Mobil Bekas Ini Masih Minim Peminat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga usai berpengaruh terhadap berbagai sektor usaha, salah satunya adalah usaha jual beli mobil bekas.

Sepinya pasar hingga dilakukan penutupan perkantoran di wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), turut berdampak pada anjloknya harga mobil bekas.

Bahkan harga mobil bekas selama pandemi diperkirakan mengalami penurunan antara 20 hingga 30 persen.

Meksi demikian, pelonggaran PSBB transisi menuju kehidupan normal baru yang sudah diberlakukan sejak pertengahan Juni lalu membuat sedikit peningkatan penjualan mobil bekas dibandingkan sebelumnya.

Namun, perbaikan kondisi ini sepertinya tidak berlaku bagi beberapa mobil berikit ini. Pasalnya, meski sudah diberlakukan new normal mobil ini tetap mengalami penurunan harga dan juga sepi peminat.

Berikut deretan mobil bekas yang masih sepi peminat di tengah pandemi:

1. Chevrolet

Salah satu pabrikan yang peminatnya turun drastis adalah Chevrolet. Hal ini lantaran banyak pertimbangan yang diambil oleh pembeli saat membeli mobil bekas. Mulai dari ketersediaan sparepart dan juga kelangsungan pemasaran dari produsen pabrik mobil itu sendiri.

“Dengan tidak adanya perakitan dan juga pemasaran produk barunya tentu akan membuat pembeli berpikir kembali,” ujar Senior Manager Bursa Mobil WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Chevrolet Captiva lansiran 2013 dijual dengan harga Rp 140 juta, Orlando1.8 LT lansiran 2015 dipasarkan dengan harga 155 juta. Sedangkan untuk Chevrolet Spin rakitan 2013 dijual  Rp 90 jutaan

2. Datsun

“Perbandingannya dengan Calya atau Sigra bisa satu banding sepuluh,” kata Herjanto.

Untuk harga mobkas Datsun Go atau Go+ rakitan 2014 di pasar jual beli online ada yang masih menjual dengan harga Rp 50 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

3. Ford

Meski begitu, mobil bekas asal Amerika Serikat ini masih di jual dan lalu lalang di laman jual beli online.

Untuk Ford Focus S Hatchback 2012 dibanderol dengan harga Rp 140 juta. Ada juga Ford Ranger lansiran tahun 2015 dijual dengan harga Rp 245 juta, Ford Fiesta 2010 dijual hanya Rp 65 jutaan.

4. Proton

Beberapa model mobil Proton yang seperti Proton Exora matik 2013 dijual dengan harga Rp 70 jutaan. Proton Exora Supreme 2010 dibanderol dengan harga Rp 72 juta dan Proton Persona Gen 2 manual dipasarkan dengan banderol Rp 75 juta.

5. Nissan Grand Livina

“Tempat perakitannya yang pindah dari Indonesia juga menjadi salah satu faktor mobil bekas ini sepi peminat. Bahkan harga mobil bekasnya mengalami penurunan yang cukup parah hingga Rp 10 juta,” ujar Andri salah satu pemilik usaha mobil bekas di MGK Kemayoran kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Untuk mobil bekas Nissan Grand Livina tahun 2013 dibanderol dengan harga Rp 70 jutaan, sementara untuk Grand Livina 1.5 XV 2014 Rp 90 jutaan dan untuk Grand Livina XV matik Rp 140 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/15/104200915/sudah-new-normal-mobil-bekas-ini-masih-minim-peminat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke