Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Ubah Gaya SUV Jadi Lebih Sangar

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi paling mudah pada kendaraan namun penampilannya berubah yaitu mengganti ban. Apalagi pada mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV), mengganti ban dengan model Mud-Terrain (M/T) sudah mengubah tongkrongannya jadi lebih sangar.

Desain kembangan tapak ban M/T yang kasar, membuat penampilan mobil jadi terkesan lebih tangguh. Padahal, sesuai namanya, ban M/T lebih ditujukan untuk mobil yang habitatnyadi jalan yang jelek atau offroad.

Namun, saat ini juga banyak pemilik mobil SUV yang menggunakan ban M/T untuk mobil sehari-hari bukan untuk offroad, dengan alasan gaya. Lalu bagaimana jika ban M/T digunakan untuk mobil harian?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, ban M/T saat ini sudah berkembang, sudah disesuaikan untuk pemakaian sehari-hari, jadi kurang lebih sama dengan yang biasa atau All-Terrain (A/T).

“Ban mobil M/T saat ini sudah dibuat bisa untuk harian, untuk keawetannya, compound M/T belum tentu lebih keras dibanding yang biasa. Lalu untuk konsumsi bahan bakarnya, relatif sama dengan ban yang biasa,” ucap Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Zulpata juga menjelaskan, ban M/T modern sudah lebih baik kualitasnya, dibuat sedemikian rupa agar enak dipakai harian. Suara ban M/T ketika pada kecepatan tinggi juga sudah tidak terlalu berisik.

“Ban M/T yang terbaru sudah tidak monoton lagi suaranya, sekarang lebih halus noisenya, hampir sama dengan ban A/T,” kata Zulpata.

Menggunakan ban offroad memang sah-sah saja, namun akan lebih maksimal fungsi ban jika sesuai dengan medan yang dilewati. Jadi untuk kendaraan sehari-hari yang lebih sering lewat aspal mulus, tidak perlu ganti dengan ban offroad.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/06/090200715/cara-mudah-ubah-gaya-suv-jadi-lebih-sangar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke