Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Motor Sport Karburator yang Masih Diburu Pembeli

SOLO, KOMPAS.com - Kehadiran sepeda motor sport injeksi ternyata tidak begitu menghilangkan minat para pencinta motor dengan sistem karburator.

Terbukti, sampai saat ini motor sport dengan pengabut bahan bakar manual tersebut masih banyak diburu. Bahkan ada beberapa tipe yang harganya relatif stabil dan bahkan mengalahkan harga motor keluaran yang lebih baru.

Tri Sekam, Pemilik showroom motor bekas (Mokas) Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) mengatakan, beberapa motor sport lawas yang masih menggunakan karburator masih diminati pembeli.

Salah satu yang harga pasarannya terbilang cukup stabil adalah Honda Megapro dual shock. Motor yang dikenal dengan nama Megapro Primus ini bahkan harganya mengalahkan Megapro yang lebih baru yang menggunakan monoshock.

“Honda Megapro lawas yang masih double shock atau yang Primus masih banyak yang cari. Dibandingkan dengan New Megapro yang monoshock, yang Primus lebih banyak peminatnya,” ujar Tri kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk harga Megapro Primus ini berkisar di angka Rp 9 jutaan. Sedangkan untuk yang megapro Monoshock harganya masih di bawahnya.

Selain Megapro, Tri juga mengatakan, jenis motor sport karbu yang juga banyak diminati adalah Honda tiger 2000.

Dia mengatakan, saat ini harga pasaran Tiger masih berkisar Rp 15 jutaan bahkan ada yang sampai Rp 20 jutaan tergantung dengan kondisinya.

"Melihat kondisinya juga, untuk tahun produksi bisa jadi nomor dua, yang utama malah keaslian dari kondisi motor itu sendiri,” ucapnya.

Tri juga mengatakan, untuk jenis lainnya ada Kawasaki Ninja 150 R. Harga motor dua tak ini terbilang masih stabil di angka Rp 15 jutaan.

“Untuk yang pakai fairing atau Ninja 150 RR harganya lebih mahal lagi, bisa sampai Rp 27 juta,” ucapnya.

Pemilik showroom Mokas Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo Nugroho Dwi Prastiko juga mengatakan hal yang sama.

Menurutnya, alasan kenapa motor sport lawas yang masih karburator lebih diminati. Di antaranya adalah kualitas mesin, kenyamanan saat dikendarai sampai bisa juga konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit.

“Di tempat saya pernah menjual Megapro Primus tahun 2008 dengan harga Rp 9,5 juta. Sedangkan untuk New Megapro hanya dijual dengan harga Rp 9 juta untuk lansiran tahun 2011," ucapnya.

Selain Megapro, Nugroho menambahkan, Yamaha Scorpio juga masih banyak peminatnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/30/174200115/ini-motor-sport-karburator-yang-masih-diburu-pembeli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke