Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika Jadwal GIIAS 2020 Diundur Lagi, Pameran Batal

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisator pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Sevent Event, memastikan tidak akan melakukan penyesuaian jadwal kembali.

Sebab, penyelenggaraan GIIAS 2020 yang mundur menjadi September dan Oktober sudah mepet dengan kalender tahunan. Di samping itu, menunda pameran lebih dari satu kali juga disebut bakal merugikan banyak pihak.

"Kami hanya bisa merevisi satu kali, dan sudah dilakukan sekarang. Kalau pun kami mundur lagi (jadwal pameran GIIAS 2020), waktunya sudah sangat mepet dengan akhir tahun," kata Presiden Direktur Sevent Event, Romi di diskusi virtual Ngovi, Senin (11/5/2020).

Lagipula, lanjut Romi, membuat keputusan untuk melakukan penyesuaian jadwal pameran berskala internasional seperti GIIAS tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, dari pemilik venue atau tempat perhelatan, peserta, stakeholder terkait, hingga calon pengunjung dan pecinta otomotif dalam negeri.

"Kami tidak mau mengecewakan tenant dan pihak yang bersangkutan. Biasanya, mereka itu mempersiapkan diri untuk GIIAS minimal 3 bulan sebelumnya. Jadi butuh persiapan panjang," kata Romi.

"Itu salah satu alasan kami juga bahwa pameran masih Agustus, tapi kita sudah umumkan untuk melakukan penyesuaian jadwal di Mei kemarin," lanjutnya.

Oleh karena itu, jika GIIAS 2020 tidak bisa diselenggarakan pada waktu yang sudah ditentukan, tak menutup kemungkinan penyelenggara akan meniadakan pameran tahun ini.

"Tapi kita juga masih membuka segala opsi yang ada kalau sampai November belum bisa jalan (pandemi masih menghantui Indonesia). Lebih jauh, tentu akan dikoordinasikan kembali dengan Gaikindo dan peserta," ucap Romi.

Untuk diketahui, GIIAS 2020 bakal diselenggarakan dua kali, yaitu di Surabaya pada 2-6 September 2020 dan BSD City pada 22 Oktober - 1 November 2020.

"Kami harap pasar mulai pulih pada Juni mendatang, sehingga Agustus dan September kembali normal. Adanya pameran otomotif bisa jadi stimulus baik bagi pasar, sekaligus angin segar guna menumbuhkan optimisme di tengah pandemi virus corona," kata Sekertaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/12/070200615/jika-jadwal-giias-2020-diundur-lagi-pameran-batal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke