Salin Artikel

Berapa Biaya Pasang Livery MotoGP Paling Legendaris di Motor Sendiri?

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP bukan hanya terkenal karena performanya. Sebagian motor juga terkenal karena livery yang digunakan.

Beberapa livery motor balap tersebut ada yang bisa dikatakan legendaris karena sejarah yang ditorehkannya. Tapi, sebagian besar adalah livery yang klasik.

Tim Kompas.com mengumpulkan data dari berbagai sumber dan mendapatkan ada 5 livery motor balap MotoGP yang legendaris.

Kelima livery tersebut, antara lain Suzuki RGV500 Lucky Strike, Honda NSR500 Rothmans, Suzuki RGV500 Pepsi, Honda RC213V Repsol, dan Yamaha YZR500 Speed Blocks.

Banyak pemilik motor sport yang juga penggemar MotoGP ingin mengaplikasikan livery tersebut pada kendaraannya.

Ada yang menggunakan cara airbrush dan ada yang mengandalkan decal. Decal banyak dipilih karena lebih praktis, tidak memakan waktu banyak, dan lebih terjangkau.

Dede Effendi, desainer Dream Design yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengatakan, biaya yang dikenakan untuk memasang livery pada motor sport ditentukan berbagai faktor.

"Bisa berdasarkan besar atau kecil dimensi motornya dan juga tingkat kesulitan desainnya," ujar Dede, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dede menambahkan, untuk motor sport 150 cc, seperti Honda CBR150R, Yamaha R15, atau Suzuki GSX-R150, dikenakan biaya kisaran Rp 1,6 jutaan.

Lalu, untuk motor sport 250 cc, seperti Honda CBR250RR, Yamaha R25, dan Kawasaki Ninja 250, biayanya berkisar Rp 1,7 jutaan.

"Itu sudah harga diskon, normalnya kisaran Rp 1,8 jutaan. Diskonnya berlaku selama bulan puasa saja," kata Dede.

Dede mengatakan, untuk proses pengerjaannya sendiri, kurang lebih sekitar 3 hari untuk satu motornya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/28/150200615/berapa-biaya-pasang-livery-motogp-paling-legendaris-di-motor-sendiri-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.