Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Dipakai Tidur Sopir, Bagasi Bus Tempat Aman Bawa Penumpang?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah menerbitkan aturan larangan mudik, khususnya bagi moda transportasi darat yang berasal dari kawasan zona merah pendemi, yang menuju ke sejumlah daerah.

Aturan ini ternyata belu dipahami semua pihak, bahkan belum lama ini muncul foto viral penumpang bus yang menyelinap di dalam bagasi bus.

Setelah melewati pos pemeriksaan, kernet bus bakal mengatur kembali barang bawaan, dan menaikkan penumpang ke dalam kabin.

Cara ini dinilai tidak aman dan membahayakan penumpang tersebut, apalagi bagasi dirancang untuk barang bawaan, sehingga tidak tersedia sirkulasi udara yang layak.

Meski begitu, bagasi bus sebetulnya sering dimanfaatkan para sopir maupun kernet untuk beristirahat.

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, sudah lama para sopir bus memiliki kebiasaan tidur di bagasi.

“Biasanya sopir bus pariwisata, setelah sampai di lokasi tujuan, mereka akan beristirahat di bagasi bus. Posisinya memang cukup luas dipakai tidur untuk beberapa orang,” ujar Werry, kepada Kompas.com (26/4/2020).

Menurutnya, menggunakan bagasi bus untuk berisitirahat sah saja dilakukan, asalkan kondisi mesin bus dalam keadaan berhenti dan mesin mati.

“Mereka tidur di sana saat mobil berhenti, salah satu pintunya pasti dibuka agar sirkulasi udara lebih banyak, memang kebiasaannya istirahat di situ,” ucap Werry.

“Itu pun tidak lama, lain halnya dengan duduk di sana untuk tujuan mudik daerah, misal dari Jakarta menuju Semarang dan sebagainya,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/27/072200815/sering-dipakai-tidur-sopir-bagasi-bus-tempat-aman-bawa-penumpang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke