Salin Artikel

Perhatikan Ini Jika Ingin Bersihkan Kerak Putih di Terminal Aki

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerak jamur atau serbuk putih biasa terjadi di terminal kepala aki yang sudah dipakai lama. Penyebab munculnya kerak ini, terjadi oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat (H2SO4).

Kerak putih ini biasa muncul di terminal kepala aki plus (+). Normal terjadi pada jenis aki basah, dan bukan masalah yang serius meski jika dibiarkan akan mengganggu arus listrik yang dihasilkan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, Jakarta Selatan, mengatakan, cara terbaik membersihkan kerak pada kepala aki, yakni menggunakan cairan khusus untuk merontokkan kerak.

"Tapi kalau tidak ada cairan khusus itu dilumasi dengan grease (gemuk) tapi jangan pakai oli. Bisa dengan grease agar tidak mudah keluar putih-putih," katanya kepada Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Suparna mengatakan, saat dibersihkan sebaiknya mencopot kepala aki namun jangan sembarangan. Sebab aki mobil zaman sekarang berkaitan dengan banyak perangkat elektonik lain.

"Karena saat ini terutama di mobil baru banyak yang berkaitan dengan elektronik, kalau baterai dilepas resetnya banyak berubah, satu audio, kadang kala ada mobil yang memorinya tidak permanen sehingga saat nanti dicopot memorinya hilang semua," katanya.

"Bahkan ada beberapa kendaraan yang tidak bisa hidup lagi tape (audio) kecuali direset ulang dengan biaya tertentu kalau aki dicabut dengan sambarangan," katanya.

 

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/31/120200215/perhatikan-ini-jika-ingin-bersihkan-kerak-putih-di-terminal-aki

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.