Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Karantina Wilayah, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Lalin Lewat Pemetaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya tengah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi skenario karantina wilayah di sejumlah jalan DKI Jakarta guna mengurangi penyebaran wabah virus corona alias Covid-19.

Namun, simulasi akses jalan wilayah Ibu Kota ini tidak dilakukan secara langsung di lapangan. Melainkan melalui pemetaan wilayah masing-masing oleh tiap Polsek dan Polres.

"Simulasi di dalam ruangan saja, tidak di lapangan. Oleh sebab itu, kita meminta masing-masing Polres, dari data Polres dikumpulkan dan kita rapatkan hari ini. Kita lihat peta, lantas bagaimana rencananya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di keterangan tertulisnya, Senin (30/3/2020).

"Jadi tidak ada penutupan jalan," lanjutnya.

Melalui penjelasan tersebut, Yusri juga mengklarifikasi terkait beredarnya Telegram Rahasia (TR) dari Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana (telegram nomor STR/414/III/Ops.2./2020) terkait perintah penutupan jalan keluar-masuk DKI Jakarta.

"Memang benar kemarin ada surat yang ditunjukkan kepada Polres yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tapi, surat itu kalau disimak betul meminta para Kabag Ops masing-masing Polres untuk hadir mengikuti rapat koordinasi dalam rangka pelatihan simulasi," katanya.

"Jadi yang diminta itu adalah rencana pengamanan mana daerah-daerah yang akan disekat atau ditutup. Itu gunanya untuk pelatihan simulasi pengamanan yang mulai dari kecil, sedang, dan terberat dilaksanakan," ujar Yusri lagi.

Simulasi ini merupakan bukti bahwa Polda Metro Jaya selalu mengamati perkembangan situasi di tengah pandemi corona. Terutama mengenai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

"Intinya kita tidak mau underestimate. Polisi harus siap apapun yang terjadi, dari ringan sampai berat, berdasarkan kebijakan pemerintah," kata Yusri.

Saat ini, pemerintah belum menetapkan adanya karantina wilayah. Meski demikian, polisi tetap terus melakukan patroli sosialisasi terkait social distancing.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/30/172100515/antisipasi-karantina-wilayah-polda-metro-jaya-lakukan-simulasi-lalin-lewat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke