Salin Artikel

Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Justru Normal?

JAKARTA, KOMPAS.com- Memanaskan mesin mobil di pagi hari menjadi rutinitas yang dilakukan oleh kebanyakan pemilik mobil. Saat menyalakan jantung pacu di waktu itu biasanya terlihat ada tetesan air dari dalam knalpot.

Bahkan tetesan air dari knalpot ini kadang menetes terlalu sering sehingga membuat pemilik mobil khawatir jika ada kerusakan pada komponen mobil.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, keluarnya air dari knalpot mobil di pagi hari adalah sesuatu yang wajar.

Air tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu saat mesin mobil dinyalakan. Sehingga, membuat terjadinya kondensasi atau perubahan wujud benda yang keluar dari knalpot.

“Iya (mesin) normal, kalau kondisi suhu rendah dimungkinkan terjadi kondensasi di knalpot yang bisa menjadi titik air,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/2/2020).

Anjar menambahkan, kondensasi di temperatur rendah sebagai fenomena alamiah. Kondisi ini juga masih ada hubungannya dengan keluarnya asap tipis dari knalpot.

“Terus terjadi asap putih ya karena air kondensasinya terkena panas di knalpot ketika mobil dinyalakan,” ucapnya.

Keluarnya air dari knalpot di pagi hari justru menjadi tanda bahwa mobil dalam kondisi sehat atau tidak ada permasalahan pada komponennya.

Meski begitu, Anjar mengatakan, secara teknis bahwa air tersebut merupakan hasil dari adanya proses kondensasi.

“Iya mas (mesin sehat), tapi secara teknis air itu ada karena kondensasi bukan karena mesin sehat atau tidak sehat. Mungkin maksudnya kalau knalpot mengeluarkan air itu normal,” katanya.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, keluarnya air dari knalpot saat pagi hari bisa saja disebabkan karena adanya embun di dalam knalpot.

Mengingat, saat mobil didiamkan pada malam hari suhu udara juga berubah menjadi lebih dingin.

Kemudian, saat mesin mobil dinyalakan di pagi hari embun tersebut terdorong keluar sehingga muncullah tetesan air dari knalpot.

“Normal mas, karena knalpot panas didinginkan saat malam sehingga menjadi embun dan saat pagi terdorong keluar saat mesin dinyalakan,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/17/112200915/knalpot-mobil-keluar-air-bahaya-atau-justru-normal-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.