Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puan Maharani Punya VW Karmann Ghia, Berapa Harga Pasarannya?

JAKARTA, KOMPAS.com – Volkswagen Karmann Ghia merupakan mobil klasik yang cukup banyak peminatnya. Diproduksi tahun 1955 – 1974, mobil ini punya ciri khas tersendiri dibandingkan VW kebanyakan.

Ketua DPR RI yang baru saja dilantik, Puan Maharani, jadi salah satu pemiliknya. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), disebutkan Puan memiliki Karmann Ghia tahun 1961 yang ditaksir memiliki harga jual Rp 65 juta.

Didit Soedarto, Ketua Harian 1 Volkswagen Indonesia Association, menilai harga taksiran LHKPN itu sebetulnya terbilang rendah. Menurutnya banyak Karmann Ghia yang dibanderol lebih tinggi dari harga taksiran tersebut.

“Harga pasaran mobil ini terbilang gelap. Tidak ada harga pasti buat Karmann Ghia, semua tergantung dari kondisinya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com (2/10/2019).

Ia mengatakan pernah ada Karmann Ghia dengan kondisi bagus dan masih orisinil, dipatok di atas Rp 1 miliar. Meski begitu, ada juga Karmann Ghia yang dijual sekitar Rp 60 jutaan.

“Kalau yang murah biasanya dalam kondisi bahan, jadi masih perlu perbaikan sana dan sini. Kalau yang bagus memang mahal, dari ratusan juta sampai miliaran, balik lagi tergantung kondisinya,” ucap Didit.

Hal senada dikatakan oleh Bimo Maliki, pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan. Harga Karmann Ghia yang mahal disebabkan karena jumlah unitnya yang terbatas.

"Saya pernah dapat sekitar Rp 1,2 miliar. Unitnya memang lebih jarang daripada Beetle, Beetle saja sebetulnya juga jarang, dia lebih langka lagi. Secara jumlah beda jauh," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/03/082200515/puan-maharani-punya-vw-karmann-ghia-berapa-harga-pasarannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke