Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Ringan Rawat Mobil Mesin Turbo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran turbocharger atau turbo pada mobil sekarang ini sudah tidak asing lagi. Dengan adanya turbo, kinerja mesin menjadi lebih optimal. Tenaga mesin dapat meningkat tanpa harus mengurangi bobot.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa komponen turbo sendiri tidak memiliki cara khusus untuk merawatnya.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada mobil yang sudah dibekali turbo agar komponen tersebut tetap awet dan terawat.

1. Periksa Oli Secara Rutin

"Perawatan untuk komponen turbonya sendiri tidak ada. Tapi yang penting sih oli, karena dia kan mengalir untuk melumaskan turbinnya," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kinerja turbo terbilang cukup berat, karena mampu berputar dengan kisaran di atas 240.000 rpm. Penting bagi mesin turbo mendapat pelumasan terbaik untuk seluruh rangkaian bergerak yang terdapat pada mesin mobil.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement / EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan bahwa beberapa pabrikan menggunakan oli khusus turbo.

"Masing-masing APM biasanya punya spesifikasi tersendiri untuk tipe turbonya. Disesuaikan dengan desain turbonya, misalkan material bearing turbo pakai Cu (tembaga), maka olinya harus ramah dengan Cu," kata Bambang.

2. Pakai Bahan Bakar yang Berkualitas

Pemilihan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik dapat menyempurnakan proses pembakaran di ruang mesin. Tujuannya adalah agar tidak menghasilkan sisa gas buang yang terkandung partikel solar. Sebab, jika sisa gas buang ini tertempel pada turbin dapat membuat komponen tersebut menjadi terbakar atau rusak.

3. Jaga Kondisi Filter Udara Tetap Prima

Didi menambahkan, kebersihan filter udara juga patut untuk diperhatikan. Pasalnya, sebelum udara masuk ke turbo, harus melewati filter terlebih dahulu.

"Jika kondisi filternya sudah tidak sanggup menyaring udara dengan baik, nanti kinerja turbo juga jadi tidak optimal," ujar Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/14/072400315/3-tips-ringan-rawat-mobil-mesin-turbo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke