Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Konsep "CLBK" Daihatsu di Jepang

Kamakura, KompasOtomotif – Selain memikirkan produk yang punya kualitas bagus dan diterima masyarakat, Daihatsu Motor Company (DMC) juga tak lupa untuk lebih dekat dengan konsumen. Terobosan baru kemudian tercetus, dengan melahirkan konsep pendekatan baru, melalui café atau tempat “kongkow” Copen Local Base Kamakura (CLBK).

Konsep yang diusung cukup unik, bahkan merek lain belum terdengar memiliki konsep serupa, seperti yang dilakukan Daihatsu. CLBK menjadi satu-satunya milik Daihatsu di Jepang bahkan di seluruh dunia, ini juga jadi yang pertama di deretan produsen mobil.

“Toko ini didirikan pada September 2014 , bersamaan dengan peluncuran Copen generasi kedua. Konsep toko adalah love local, yaitu mengekspreskan toko dan mobil yang dicintai oleh komunitas lokal, berkolaborasi dengan pelanggan dan masyarakat setempat,” ujar Toru Sato, Staff Manager CLBK, Rabu (25/10/2017).

“Kami juga ingin menjadi role model dan pemimpin dibidang cutomer retention untuk diler-diler di seluruh Jepang, sebagai merek yang terdekat dengan konsumen lokal (utamanya di luar kota besar), yaitu perusahaan yang mencintai dan dicintai oleh penduduk lokal,” ujar Sato.

Dari pandangan mata, CLBK punya desain gedung memanjang, rounded shape dan dindingnya didominasi kaca transparan yang memperlihatkan seisi café, ini cukup menarik perhatian. Kemudian di bagian dalam, ada satu unit Daihatsu Copen dipajang, dengan bangku-bagku yang bervariasi. Cozy.

Pada akhir minggu, rata-rata pengunjungnya bisa mencapai 300 orang. Bukan hanya dari komunitas pemilik mobil Daihatsu, tapi juga orang lain entah itu penduduk lokal, maupun turis yang sedang melancong ke Kamakura.

Ikut Rangsang Penjualan

Selain menciptakan toko sebagai pusat komunitas pemilik mobil Daihatsu dan pengguna Copen, atau berfungsi sebagai pusat kolaborasi dengan komunitas lokal, tak dipungkiri kalau CLBK juga bisa ikut rangsang penjualan produk.

“Lebih dari itu, kami ciptakan toko ini untuk jadi pusat kolaborasi antara distributor dan diler. Bahkan  setiap bulan diler Daihatsu mengadakan test drive di sini, untuk menggantikan acara tersebut di cabangnya. Lewat itu, mereka berhasil meningkatkan penjualannya dengan aktivitas ini,” ujar Sato.

“Bahkan, bersamaan dengan test drive kami mengadakan workshop yang menarik sebagai acara pendukung di CLBK pada kegiatan tersebut,” ujar Sato.

Indonesia Tertarik

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head, PT Astra International–Daihatsu Sales Operation juga mengaku tertarik dengan konsep CLBK, bahkan sejak pertama kali melihatnya pada 2014 lalu. Namun  memang belum terealisasi sampai saat ini.

“Dua tahun lalu, ketika pertama kali melihat konsep ini, kami sudah sharing ke management  kalauj ini konsep yang bagus sekali. Ketika itu kami semua tertarik, tapi karena satu dan lain hal, implementasinya menjadi tertunda,” ujar Hendrayadi.

“Kalau pertanyaannya kapan ada di Indonesia, kami belum bisa jawab, tapi ada pikiran ke sana. Karena itu kami punya satu cikal bakal dulu seperti diler flagship di sana, walaupun  memang beda konsep, tapi kami akan coba dahulu dengan itu,” ujar Hendrayadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/10/27/112200515/unik-konsep-clbk-daihatsu-di-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.