Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Menarik Jelang MotoGP Belanda 2017

Kompas.com - 21/06/2017, 14:56 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber motogp.com

Assen, KompasOtomotif - Sirkuit Assen akan menjadi tuan rumah MotoGP di akhir pekan ini. Lintasan yang sudah aktif menggelar Grad Prix sejak kejuaraan dunia pada 1949 ini menyimpan banyak memori bagi para pebalap yang pernah berlaga di Assen.

Nah, sebelum balap dimulai, ada beberapa fakta menarik yang menyita perhatian. Bahkan beberapa diantaranya adalah mengenai perubahan jadwal yang dilakukan untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP Assen.

Baca : Rossi "Happy", Vinales Kaget Gunakan Sasis Baru

Berikut poin fakta dan data jelang MotorGP Assen yang dikutip dari MotoGP ;


- Untuk pertama kalinya MotoGP Belanda di Assen diadakan pada hari Minggu pada 2016 lalu. Pada tahun-tahun sebelumnya, semua balapan di Assen digelar pada hari Sabtu. Alasan yang mendasari kenapa MotoGP di Assen dilakukan pada hari Sabtu adalah faktor keagamaan.

- Perubahan layout sirkuit dilakukan selama beberapa kali. Lintasan asli berubah pada 1954, lalu pada 1984 pengurangan panjang lintasan juga dilakukan sebesar 6,1 km. Layout yang saat ini digunakan sudah di set sejak 2006 dengan beberapa modifikasi kecil di beberapa sektor lintasan.

- Yamaha menjadi tim pabrikan paling sukses sejak dimulainya era MotoGP four-stroke di Assen yang mengumpulkan delapan kemenangan.

- Almarhum Nicky Hayden menjadi salah satu pebalap MotoGP yang pernah menjadi pebalap tercepat di Assen saat membela Repsol Honda.


- Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) menjadi pebalap paling sukses di Assen dengan total sembilan kemenangan, tujuh di MotoGP ™ dan masing-masing lainnya di kelas 250cc dan 125cc.

- Pembalap yang paling banyak menang di Assen adalah Angel Nieto dengan 15 kemenangan di kelas yang berbeda. Setelah itu diikuti Giacomo Agostini yang mengoleksi 14 kemenangan saat mengendarai motor 500cc dan 350cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com