Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil ”Sabung” MPV Mitsubishi dengan Kompetitor

Kompas.com - 23/05/2017, 08:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sukoharjo, KompasOtomotif – Sebelum digembar-gemborkan seperti saat ini, low MPV Mitsubishi dengan nama awal XM Concept sudah melewati berbagai tahapan berat, termasuk diadu dengan para kompetitor. Hasilnya diklaim baik, meski harus dites lagi oleh konsumen sebenarnya setelah meluncur dalam waktu dekat.

Soal hasil tes, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Osamu Iwaba justru mengatakan hal yang menarik. ”Apakah Anda berpikir bahwa saya akan mengatakan Avanza lebih baik?” ucapnya sambil tertawa, (22/5/2017), di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Iwaba secara tersirat mengatakan bahwa produk Mitsubishi lebih baik ketimbang kompetitor, bahkan jika diadu dengan sang pemimpin pasar di segmen ini, Toyota Avanza. Dia menjamin bahwa XM Concept yang disinyalir bakal bernama Expander itu akan jauh lebih baik ketimbang produk sejenis.

”Saya pikir mobil kami sudah dikembangkan dengan sangat baik, memenuhi semua aspek yang dibutuhkan konsumen, bukan untuk kami. Saya rasa orang akan menyukainya,” kata Iwaba.

Tes yang dilakukan MMKSI dikatakan Iwaba melibatkan semua kompetitor yang sudah beredar di Indonesia saat ini. XM Concept sudah diadu dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, hingga Suzuki Ertiga.

Lisa Tjandrakusuma, Direktur Utama Grup Sun Motor, bahkan terang-terangan mengatakan bahwa low MPV Mitsubishi jauh di atas para komptitor dari semua sisi. ”Di segmen ini, Ertiga paling nyaman, tapi produk kami di atasnya lagi. Bahkan dari konsumsi bahan bakar dan desainnya,” katanya.

Menarik dalam hal ini adalah Mitsubishi benar-benar mengambil keuntungan sebagai kontestan yang belakangan muncul. Artinya, mereka bisa dengan leluasa mencomot kelebihan dan membuang kekurangan dari para kompetitor untuk diterjemahkan pada produk sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com