Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Yamaha Rp 600 Jutaan ”Dihabisi” Orang Kaya Indonesia

Kompas.com - 04/05/2017, 18:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Daya beli orang Indonesia masih tinggi, salah satu buktinya adalah moge-moge Yamaha yang dibanderol dengan harga fantastis ludes terjual. Unit terakhir dari tiga YZF-R1 Edisi Spesial 60 Tahun yang dipatok Rp 610 juta terjual di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

GM Aftersales and Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengonfirmasi bahwa model edisi terbatas itu sudah laku semua. ”Kapan hari yang dua (unit) sudah laku, sekarang di IIMS juga terjual. Jadi sudah habis,” katanya, (3/5/2017), di JI Expo, Kemayoran, Jakarta.

YIMM memang hanya mengimpor tiga unit untuk model ini. Ciri khasnya, warna kuning khas Yamaha dengan aksen blok-blok garis hitam dan putih. Warna ini merupakan ciri khas motor balap Yamaha di era 1970-an, saat itu digeber Kenny Roberts dalam salah satu ajang di Amerika Serikat.

Motif itu juga beberapa kali digunakan balap oleh tim MotoGP, termasuk saat Valentino Rossi menggunakannya pada YZR-M1, beberapa tahun lalu di sebuah ajang khusus.

Hal yang bikin motor ini makin unik dan dicari adalah munculnya tanda tangan Valentino Rossi di atas bagian tangki sebelah kanan. Saat KompasOtomotif mengamatinya di Hall B JI Expo, tanda tangan sang legenda balap MotoGP itu bahkan ”ditambal” selotip bening sebagai perlindungan.

Jika dalam beberapa hari pertama IIMS 2017 motor ini masih bebas dipegang, setelah laku Yamaha membuat batasan untuk pengunjung agar tak terlalu dekat, apalagi menyentuhnya.

Yamah R1 edisi spesial ini punya mesin sama dengan versi standar, dengan jantung berkapasitas 998 cc, 4-silinder, DOHC. Tenaga yang dihasilkan hampir mencapai 200 tk dan torsi 112 Nm. Setang piston berbahan titanuim sebagai salah satu komponen yang mengurangi bobot total.

Teknologi canggihnya jangan ditanya. Motor ini sudah mengadopsi fitur anti slide, pencegah ban depan terangkat, pemindah gigi secara cepat, ABS, kontrol traksi, dan banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com