Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Gandeng Tata Serbu Pasar Negara Berkembang

Kompas.com - 14/03/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif –  Kelompok otomotif Jerman, Volkswagen Group telah menandatangani nota kesepahaman dengan Tata Motors, untuk membangun  kemitraan strategis jangka panjang. Kolaborasi ini bakal jadi kekuatan baru otomotif untuk kawasan Asia, khususnya untuk negara berkembang.

Mengutip Autoexpress dan CNBC, Senin (13/3/2017) melalui kerjasama ini, keduanya bakal mengembangkan dan memproduksi komponen kendaraan bersama dalam waktu dekat. Selain itu, keduanya juga sepakat untuk memproduksi mobil baru untuk pasar India, sekaligus menyasar negara berkembang lainnya.

Terkait rincian lengkap mengenai ketentuan perjanjian masih belum jelas. Pihak Volkswagen mengatakan, kerangka kontrak dan pedoman kesepakatan akan didefinisikan dan diperiksa lagi secara menyeluruh, dalam beberapa bulan mendatang.

Beberapa menginformasikan, kalau salah satu perusahaan di bawah Grup VW yang bakal meminpin proyek yaitu merek Skoda, sebagai brand entry level. Namun ini masih belum dikonfirmasi oleh pihak Volkswagen sendiri.

"Tujuan kami (Volkswagen) terkait kemitraan strategis dengan Tata Motors, yaitu untuk meletakkan dasar di dalam Group dan merek, yang memungkinkan VW bisa menawarkan solusi mobilitas berorientasi pelanggan di negara berkembang, wilayah dengan pasar mobil yang cepat tumbuh, dan di tempat lainnya,” ujar Matthias Muller, CEO Volkswagen Group.

Menurut Tata, kendaraan pertama yang akan dilahirkan dari kerjasama ini, siap meluncur di pasar India pada 2019. Pihaknya menjamin kalau semua rencana akan berjalan sesuai dengan jadwal.

Sebelumnya, pada awal tahun ini juga PSA Group juga mengumumkan rencana serupa untuk pasar India, di mana mereka mengkonfirmasi kesepakatan sudah dilakukan dengan konglomerasi manufaktur berbasis di Delhi, CK Birla Group, untuk mengembangkan model baru yang akan dijual pada 2020.

Lebih dari itu, aliansi lain yang bakal menggempur pasar negara berkembang dari Jepang yaitu Toyota bersama dengan Daihatsu, serta Nissan dengan Mitsubishi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com