Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Murah VW Makin Mengemuka

Kompas.com - 21/02/2017, 15:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Wolsfburg, KompasOtomotif – Petinggi Volkswagen (VW) akhirnya mengonfirmasi bahwa akan ada merek mobil murah di bawah payung perusahaan pada 2019. Target harganya diperkirakan kurang dari 8.100 poundsterling, atau setara Rp 134 jutaan.

Konfirmasi itu disampaikan ke AutoExpress belum lama ini, setelah beberapa tahun wacana menghadirkan mobil murah belum mendapat prioritas. Merek murah VW yang belum punya nama itu akan debut dengan model sedan kecil dan SUV sedang, hanya untuk China pada fase awal.

Tujuannya jelas, menambah kekuatan VW di Negeri Tirai Bambu yang mencapai penjualan 2,99 juta unit hingga 2016. Setelah itu, merek murah ini akan merambah ke pasar potensial lain macam Meksiko, Brazil, India, dan beberapa pasar Asia lainnya.

Kendaraan akan dibangun bekerjasama dengan mitra VW di China, FAW, menggunakan sasis PQ milik VW Golf MK6 lama yang sudah berhenti diproduksi sejak tiga ahun lalu.

Mobil murah sedang dalam pengembangan, dan lebih intens lagi saat ini. Dua tahun lalu, yang Anda dengar, kami akan munculkan sedan. Tapi strategi diubah karena China kami butuh budget SUV,” ujar bos pengembangan VW, Dr Frank Welsch.

Ditambahkannya, VW tetap menjaga harapan untuk menyasar segmen ”ekonomi” yang bakal sangat kuat, tak hanya di China.

Dua model yang menggunakan arsitektur dari platform PQ itu akan menggunakan penggerak roda depan. Sementara untuk SUV, siap mengaopdsi penggerak empat roda.

Rencana ini diprediksi mulus, karena operasi VW di China ”imun” terhadap kasus dieselgate. Orang-orang di sana tak begitu suka mobil penumpang bermesin diesel, dan ini menegaskan pula bahwa merek murah VW nanti akan menggunakan mesin berbahan bakar bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com