Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Targetkan Helat MotoGP di 2018

Kompas.com - 22/03/2017, 16:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Penyelenggaraan MotoGP yang angin-anginan di Indonesia, nampaknya bakal direbut oleh Thailand. Negeri Gajah Putih ini, menargetkan perhelatan balap motor paling bergengsi ini pada 2018.

Mengutip Crash.net dari Bangkok Post, Rabu (22/3/2017) isu penyelenggaraan MotoGP di Thailand sudah bergulir sejak 2015, sejak sirkuit kebanggan mereka, Chang International Circuit di Buriram, menyelenggarakan even perdana Wolrd Superbike 2015.

Pemerintah dikabarkan sudah menyisihkan uang, untuk melakukan penawaran teradap pihak penyelenggara MotoGP, dalam hal ini Dorna. Kabinet Thailand sudah mengalokasikan 300 juta baht atau Rp 115,3 miliar untuk membeli lisensi.

Lebih dari itu, Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand juga mengusulkan kepada pihak Dorna Sports Group, untuk meningkatkan jumlah negara yang bakal menjadi tuan rumah, dari 18 menjadi 21 di tahun 2018.

Finlandia sudah masuk ke dalam daftar tambahan negara yang bakal menjadi tuan rumah. Sementara Thailand, Kazakhstan, Indonesia dan Hungaria, bakal bersaing untuk mendapatkan tempat tersebut. Proposal permohonan harus diserahkan bulan depan.

“Saya hanya bisa mengatakan bahwa itu adalah kemungkinan, di mana Thailand akan bergabung di kalender 2018. Tapi hanya kemungkinan,” ujar juru bicara Dorna mengomentari rumors ini.

Saat ini, hanya Malaysia, satu-satunya negara yang menjadi tuan rumah MotoGP, meski penjualan sepeda motornya tidak bagus.

Kabar dari Indonesia, setelah rencana penyelenggaraan MotoGP di Sentul gagal, sirkuit baru akan dibangun di wilayah Jakabaring, Palembang. Namun sampai saat ini belum tampak realisasi pembangunannya, hanya gambar desain yang sudah digarap bersama dengan Hermann Tilke. Sirkuit Sentul, Bogor, yang juga mau renovasi sama saja kondisinya, belum ada kepastian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com