Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LCGC Laris Manis, Perusahaan Asuransi Optimistis

Kompas.com - 06/01/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Proyeksi positif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan ada pertumbuhan di 2017, merangsang optimisme PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Sebagai salah satu bisnis penunjang, asuransi diprediksi bakal ikut terangkat.

Rian Ardianto, Underwriting Motor Vehicle Department Head Adira Insurance mengatakan, terkait pertumbuhan bisnis asuransi kendaraan bermotor, memang lebih banyak ditopang oleh kendaraan roda empat, dibanding roda dua.

“Jika kami lihat prediksi Gaikindo dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), serta performa bisnis di 2016 lalu, kami optimistis bisnis asuransi kendaraan bermotor akan terus tumbuh. Pertumbuhan tersebut juga tidak terlepas dari penjualan kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) yang cukup menggembirakan,” ujar Rian dalam siaran resminya, Kamis (5/1/2017).

Rian melanjutkan, selain dari sisi penjualan kendaraan, harapan tinggi pelaku bisnis asuransi yaitu terkait rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang bakal menyesuaikan tarif premi asuransi kendaraan bermotor pada 2017. Aturan baru ini dipercaya akan berfek positif bagi bisnis asuransi.

“Kami mencoba memanfaatkan peluang ini dengan memberikan kemudahan saat proses akuisisi dan juga klaim, serta memanfaatkan jalur digital untuk mempercepat dan menyederhanakan proses,” kata Rian.

Saat ini, Adira Insurance mengembangkan bisnis asuransi kendaraan bermotornya melalui Autocillin (asuransi kendaraan roda empat) dan Motopro (asuransi kendaraan roda dua).

Gaikindo membidik target penjualan kendaraan roda empat di 2017 meningkat 4,7 persen menjadi 1,1 juta unit mobil, dibandingkan 2016 lalu, yang berkisar 1,05 juta mobil. Tentu jika perekonomian nasional mampu bertumbuh 5,1 persen atau 5,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com