Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Asuransi Berlipat Ganda Pasca Mudik

Kompas.com - 22/07/2016, 17:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -  Angka kecelakaan saat arus mudik tahun ini turun sekitar 21 persen dibanding tahun lalu menurut data Kementerian Perhubungan. Meski begitu ternyata klaim asuransi tetap meningkat seperti biasa.

Iwan Pranoto, Marcomm & PR Head PT Asuransi Astra Buana di Jakarta, Jumat (22/7/2016), mengungkap jumlah klaim pemilik mobil atas Garda Oto setelah mudik yang berlangsung pada 7 – 10 Juli 2016 meninggi hampir dua kali lipat.

“Biasanya kan memang ada peningkatan sehabis Lebaran, sejauh ini memang meningkat, itu sudah rutin. Per tanggal 10 Juli kunjungan klaim naik hampir dua kali lipat, dibanding rata-rata biasanya (sebelum Lebaran). Di Garda Center kami biasanya, 20-30 klaim sekarang 50-an,” kata Iwan.

Angka klaim itu untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya, berjalan selama tiga hari setelah tanggal 10 Juli. Tren yang sama juga berlaku se-Indonesia. Garda Oto biasanya menerima klaim sekitar 1.000 per hari namun dalam momen yang sama dikatakan naik hampir dua kali lipat.

Kebanyakan klaim bukan atas kehilangan mobil tapi karena “luka-luka”, misalnya menyerempet atau tabrakan.

Data Kementerian Perhubungan untuk jalur darat menjelaskan kecelakaan pada musim mudik tahun ini mencapai 1.289 kasus, turun dari sebelumnya 1.622 kasus. Hasil itu dihitung dari hari keenam sebelum Lebaran sampai hari pertama Idul Fitri 1437 Hijriah.

Korban meninggal juga berkurang, yaitu 25 persen atau turun dari 328 korban (2015) menjadi 244 korban pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com