Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edisi Spesial Motor Inggris Bermesin Honda

Kompas.com - 02/11/2016, 11:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Birmingham, KompasOtomotif – Salah satu merek sepeda motor asal Inggris yang sudah menyatakan kebangkitannya, Ariel, siap meluncurkan motor edisi spesial yang menggunakan upgrade-an mesin VFR1200F dari Ariel Ace.

Tidak banyak informasi yang dijasikan, perusahaan hanya menyediakan foto rekayasa digital untuk memberi gambaran soal tampang. Namun Ariel melempar janji tentang perubahan tenaga jika dibandingkan dengan model standar.

Ariel Ace standar sendiri sebenarnya tidak ada angka yang pasti soal tenaga. Namun jika melihat dari data mesin Honda V4 yang dipakai, tenaga bisa mencapai 173 tk dengan torsi 130,9 Nm.

Sementara Ace R yang akan diluncurkan pada ajang Motorcycle Live di NEC Birmingham mulai 18 November 2016, hanya diproduksi sebanyak 10 unit saja.

”Kami akan merilis spesifikasinya saat acara (Motorcycle Live), tapi saya bisa bilang bahwa versi R akan banyak komponen dari karbon, mesin aluminium, dan lebih banyak tenaga,” kata Tom Siebert, salah satu tim pengembangan Ariel Ace.

Ace R bakal menggunakan mesin V4 1200 Honda yang disetel ulang. Motor ini juga disebut bakal mempunyai warna unik yang diklaim menjanjikan pengalaman lebih untuk penggunanya.

Ariel menjadi salah satu merek-merek motor ”jadul” asal Inggris yang ditiupkan lagi rohnya, meski fokus produksi mengarah pada mobil sport, yakni Ariel Atom dan Atom Mugen.

Merek-merek motor Inggris lainnya yang masih eksis adalah Triumph, Norton, BSA, Royal Enfield, meski beberapa di antara mereka berganti kepemilikan dan kewarganegaraan karena dibeli pengusaha dari luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com