Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tak Gentar Mobilio Taksi Diserbu Avanza Transmover

Kompas.com - 01/11/2016, 12:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sebentar lagi, PT Toyota Astra Motor (TAM) bersiap meluncurkan Avanza Transmover, varian Avanza paling rendah, 1.300 cc, dan hanya dijual khusus untuk taksi. Ada indikasi pergeseran permintaan dari sedan ke low MPV sejak Honda Mobilio berusaha masuk dan dipakai berbagai perusahaan taksi.

Lalu, apakah dengan masuknya serbuan Toyota bikin Honda gentar? Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) menjawab diplomatis, bahwa pilihan ada sepenuhnya di tangan konsumen.

”Kalau kami selalu berpatokan dari kepuasan dan value for money. Apakah konsep mereka (Avanza Transmover) cost down? Apakah nanti company taxi bakal senang? Saya rasa produk akan berbeda,” kata Jonfis.

Dia pun menegaskan bahwa Honda menganggap mobil yang layak untuk keperluan transportasi adalah seperti Mobilio yang saat ini dipakai untuk taksi berbagai perusahaan. Tidak ada bedanya untuk pemakaian pribadi atau pun dipakai perusahaan taksi.

”Saya belum tahu konspenya nanti seperti apa, kaca pakai (power window) atau engkol. Bisa saja perusahaan (taksi) tutup mata (soal spesifikasi), tapi saya yakin, akan banyak orang yang berpikir bahwa mobil bukan untuk keperluan transportasi saja, tapi ada unsur teknologi dan kenyamanan,” kata Jonfis.

Saat ini, HPM masih mampu menjual Mobilio antara 3.000-5.000 unit sebulan di tengah kompetisi yang makin ketat. Model ini masih mampu menggaet market share 16 persen di segmen low MPV. Dari jumlah itu, 20 persennya terjual untuk digunakan sebagai taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com