Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Kinerja Mazda Indonesia Sepanjang 2016

Kompas.com - 17/10/2016, 15:05 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mazda Motor Indonesia (MMI) resmi mengalihkan tanggung jawab bisnisnnya di sini kepada PT Eurokars Motor Indonesia. Efisiensi bisa jadi salah satu alasan, sub-unit usaha ini di stop eksitensinya, dari sang pemilik Mazda Motors Corporation (MMC) Jepang.

Namun, bagaimana sebenarnya kondisi penjualan Mazda di Indonesia, khususnya sepanjang tahun 2016 ini?

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-September 2016, perfoma Mazda terus menurun dibanding tahun lalu, sebesar 32,58 persen, dari 6.770 unit menjadi 4.564 unit. Kondisi ini bukan hanya dialami Mazda namun juga merek lainnya, terkait kelesuan daya beli yang terjadi di tanah air.

Sementara, sepanjang tahun 2016 ini, Mazda mengalami penurunan terparah pada Agustus menuju September 2016, sebesar 70,1 persen, atau dari 875 unit menjadi 261 unit. Padahal Mazda baru saja menikmati kenaikan dari Juli ke Agustus sebesar 258,61 persen.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan Mazda Januari-September 2016 dibanding 2015.

Sepuluh Besar

Coba melihat dari sudut pandang lain, dari 36 merek yang ada di dalam data wholesales Gaikindo pada sembilan bulan pertama 2016, Mazda berhasil masuk sepuluh besar merek dengan penjualan terbanyak.

Posisinya persis ada di bawah Nissan yang berada di urutan kesembilan, di mana Mazda ke-10. Walaupun memang, dari seluruh merek mobil penumpang Jepang, sebut saja Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Suzuki, Isuzu, Nissan dan Honda, Mazda ada diurutan bontot.

KompasOtomotif Penjualan 10 merek laris Januari-September 2016.

Model Laris

Eksstensi Mazda sejauh ini di Indonesia, setidaknya ditopang oleh tiga model yang menjadi tulang punggung penjualan, seperti Mazda2, CX-5 dan Biante. Ketiganya rajin menyumbang penjualan setiap bulannya, dibanding model lain.

Kontibusi terbesar diberikan oleh Mazda2, yang terjual sebanyak 2.418 unit sepanjang 2016, atau menyumbang 52,98 persen. Baru kemudian pada posisi kedua ada CX-5 2.5L dengan total 1.211 unit, atau kebagian jatah 26,53 persen.

Terakhir Biante, yang berhasil mengumpulkan perolehan 704 unit Januari-September 2016, atau pangsa pasar 15 persen dari seluruh model Mazda. Produk Mazda yang dijual di Indonesia seluruhnya completely built up (CBU) dari Jepang, Filipina maupun Thailand. Sementara yang dirakit lokal (CKD) yaitu VX-1, hasil kolaborasi dengan Suzuki.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan Mazda Januari-September 2016 permodel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com