Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Atur Langkah Hadapi Calya

Kompas.com - 15/09/2016, 15:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - ‎Datsun Indonesia sudah pasti tidak akan diam membiarkan kelas MPV di segmen low cost green car (LCGC) terus-terusan dikuasai pendatang baru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Strategi serangan balik mulai dipersiapan sambil membaca peta persaingan.

Masa Datsun meraup pasar sendirian dengan GO+ mulai berhenti pada Agustus saat Calya dan Sigra meluncur. ‎Menurut catatan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), selama sebulan penuh Calya mencapai 9.241 unit, Sigra 5.734, sedangkan GO+ 1.364 unit.

Calya terlalu fenomenal, bukan hanya melewati hasil penjualan setiap peserta LCGC tetapi ‎juga mendapat gelar baru sebagai mobil terlaris di Indonesia pada Agustus. Belum pernah terjadi selama bertahun-tahun ke belakang ada mobil yang lebih laris dari Toyota Avanza.

‎Titik terangnya, Calya dan Sigra mengembungkan segmen LCGC‎. Dari Juli ke Agustus 2016, total penjualan LCGC melonjak signifikan 14.962 unit menjadi 28.721 unit.

‎Meski begitu, seperti dijelaskan, Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Abraham Gandawinata, Calya bukan hanya menggerus Datsun tetapi juga merek lain bahkan termasuk Toyota sendiri. Pergerakannya juga mengikis segmen lain.

"Kami masih memantau perkembangan pasar, kan masih baru. Kami lihat dulu. Sudah dibicarakan, nantinya ada cara Datsun sendiri baik untuk produk atau pemasaran," ucap Abraham, Kamis (15/9/2016).

Masa bulan madu Calya dan Sigra diprediksi hanya terjadi selama beberapa bulan. Artinya, pada awal-awal Toyota dan Daihatsu masih menggenjot distribusi buat memenuhi penumpukan pemesanan. Setelah itu pasar akan stabil dan mulai terbaca kekuatannya.

"Ditunggu saja, kami yang pasti tidak akan diam," ucap Abraham.

Sudah diketahui,  GO+ ataupun hatchback GO bakal ditawarkan dengan transmisi otomatis tahun depan. Sejak masuk ke pasar Indonesia pada 2014 Datsun cuma memberikan opsi transmisi manual‎ 5-percepatan.

Kemungkinan besar transmisi bukan satu-satunya perubahan, masuk akal jika Datsun ikut menyegarkan desain agar lebih menarik menjaring konsumen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com