Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi Otonomos Perdana Muncul di Singapura

Kompas.com - 26/08/2016, 07:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Singapurua, KompasOtomotif – Taksi dengan teknologi otonomos pertama di dunia resmi beroperasi, Kamis (25/8/2016). Singapura jadi negara perdana yang memberlakukan perpaduan teknologi canggih dan layanan jasa itu, operasi taksi dilakukan di kawasan khusus untuk publik terbatas.

Taksi tanpa pengemudi ini dikembangkan perusahaan bernama NuTonomy. Walau usia perusahaan asal Cambridge, Amerika Serikat ini baru tiga tahun, namun cukup mengejutkan jadi pelopor jasa semacam ini.

Lebih dulu dibanding Uber yang rencananya bakal meluncurkan teknologi serupa, bulan depan  bekerja sama dengan Volvo.

NuTonomy telah melakukan serangkaian pengujian di Singapura sejak April lalu. Sekarang, taksi otonomos itu bisa dijajal masyarakat secara gratis. Lewat aplikasi ponsel, publik bisa memesan salah satu di antara Renault Zoe atau mobil listrik Mitsubishi i-MiEV yang sudah dimodifikasi.

Sementara taksi mengemudi sendiri, insinyur NuTonomy tetap ikut di kabin buat memastikan sistem bekerja sempurna sekaligus jaga-jaga kalau terjadi kesalahan. Rencananya, taksi NuTonomy bakal mulai bekerja resmi pada 2018.

“Percobaan ini merepresentasikan kesempatan luar biasa untuk mendapatkan masukan dari penumpang di kondisi nyata. Masukan itu akan memberikan NuTonomy keuntungan unik selagi kami bekerja mengembangkan kendaraan fleet yang bisa mengemudi sendiri pada 2018,” ucap bos NuTonomy Karl Iagnemma, seperti diberitakan Bangkok Post

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com