Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siap Antisipasi Macet Libur Panjang

Kompas.com - 05/09/2016, 18:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hari raya Idul Adha pada Senin, 12 September 2016, bakal menambah hari libur yang dimulai dari akhir pekan. Kepolisian memprediksi, akan lebih banyak aktivitas lalu lintas maka itu rencana pengamanan sudah dibuat.

Perkiraannya volume kendaraan meningkat mulai Jumat, (9/9/2016). Biar tidak macet, langkah antisipasi disiapkan di pintu tol keluar Jakarta berikut tempat ibadah, wisata, dan perbelanjaan.

Menurut keterangan yang didapat dari Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto, Minggu (4/9/2016), ada dua tahap normal penanganan di tol sebagai jalur masuk-keluar Jakarta.

Tahap pertama membantu transaksi di pintu tol, buka-tutup rest area, dan menurunkan tim urai. Jika masih bermasalah, maka kepolisian memberlakukan tahap kedua yakni memberlakukan contra flow arus dan buka-tutup jalur keluar tol.

Tujuh masjid besar di Jakarta bakal didatangi banyak kendaran. Kepolisian akan memantau kegiatan di jalan lewat kamera CCTV dan perangkat elektronik lainnya serta meningkatkan personel jaga. Bila terjadi kemacetan parah maka rute-rute alternatif akan disediakan.

Ada tiga lokasi wisata yang diprediksi didatangi banyak warga, yaitu kawasan Ancol di Jakarta Utara, Kebon Binatang di Jakarta Selatan, dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Pemantauan dan pengaturan lalu lintas juga berlaku.

“Untuk antisipisai kegiatan tersebut, dalam rangka meminimalkan dampak lalu lintas dan angkutan jalan dipersiapkan rencana Pam Rolakir yang meliputi, penjagaan, pengaturan, patroli, pengawasan, dan rekayasa lalu lintas,” kata Budiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com