Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Felipe Massa Resmi Mundur dari F1

Kompas.com - 02/09/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Monza, KompasOtomotif - Pebalap asal Brasil yang sekarang masih membela Williams, Felipe Massa, memutuskan mengundurkan diri dari pentas Formula One (F1). Pria 35 tahun ini mengungkapnya dalam kolom di motorsport.com, sekaligus mengatakan pengumuman resmi akan dilakukan saat musim ini berakhir.

“Dalam beberapa bulan saya telah berpikir banyak tentang masa depan saya dan saya telah mengambil keputusan bahwa pada akhir musim ini, saya meninggalkan F1,” tulis massa.

Debut Massa di F1 dimulai dari tim Sauber pada 2002. Dia sempat menjadi test driver buat Scuderia Ferrari pada 2003, namun kembali ke Sauber pada 2004. Setahun kemudian Massa jadi pebalap Ferrari, dia juga sempat menjadi pendamping Michael Schumacher pada 2006.

AFP PHOTO/ED JONES Pebalap Williams asal Brasil, Felipe Massa, memacu mobilnya pada sesi latihan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (28/3/2014).
Pada 2014, Masssa pindah ke kubu Williams. Dari total 242 seri yang pernah dia ikuti, 11 di antaranya Massa finis pertama. Mobil bernomor 19 yang dia kemudikan memang belum pernah membawanya juara dunia, prestasi terbaik jadi nomor dua di belakang Lewis Hamilton pada 2008.

Massa mengakui memilih akhir pekan GP Italia buat mengungkap pengunduran diri karena di lokasi ini Schumacher juga melakukan hal yang sama.

“Mungkin Anda bakal melihat saya lagi di belakang kemudi mobil balap, tetapi saat ini saya cuma peduli bahwa saya punya banyak waktu memutuskan apa yang mau saya lakukan di masa depan,” kata Massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com