Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Tiga Pejabat buat Gantikan Bos F1

Kompas.com - 15/06/2016, 15:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Presiden Formula One (F1) Management Bernie Ecclestone sudah berusia 85 tahun, cepat atau lambat bakal ada orang lain yang menggantikan posisinya. Menurut mantan bos Ferrari, Luca di Montezemolo, jika akhirnya Ecclestone melepas jabatan maka butuh tiga orang eksekutif buat mengerjakan tugasnya.

Ecclestone sudah pernah menyatakan bahwa dia akan tetap memimpin F1 sampai batas yang tidak ditentukan. Meski begitu, spekulasi siapa pengganti Ecclestone sudah merebak di sekitar paddock sejak beberapa tahun ke belakang.

CRASH.NET Bos Formula 1, Bernie Ecclestone (kiri), dan pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton.
“Cepat atau lambat, F1 harus berpikir bagaimana cara mengganti Bernie,” ujar Montezemolo, seperti diberitakan CNN via Motor1.com, Selasa (14/6/2016).

Montezemolo, orang nomor satu di Ferrari dari 1991 – 2014, mengatakan, satu orang tidak mungkin cukup setara Ecclestone.

“Bernie adalah orang luar biasa. Akan jadi mustahil dan kesalahan mencari satu orang buat mengantikannya. Ini penting untuk dipikirkan manajemen baru. Buat F1, lebih baik memiliki tiga tapi bukan pemilik,” ucap Montezemolo.

Sindir hibrida

Montezemolo mengkritisi soal terapan sistem gerak hibrida pada F1 yang dia percaya jadi penyebab suara mobil tidak lagi bising dan kecepatannya lebih pelan. Dia bilang F1 sudah seharusnya olah raga ekstrem.

“Saya sangat tidak senang ketika mendengar musik dari mesin tidak seperti dahulu, sebab di semua olah raga punya bumbu. Apa Anda bisa bayangkan Italia tanpa pasta?” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com