Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Baru Harley-Davidson Siap Mengaspal

Kompas.com - 22/08/2016, 16:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Milwaukee, KompasOtomotif – Harley-Davidson sedikit lagi akan meluncurkan mesin terbaru. Jantung pacu ini bakal menjadi mesin besar V-Twin ke-8 sepanjang perusahaan berdiri, sejak 102 tahun silam.

Memang belum ada pernyataan resmi soal ini, namun informasi terkuak dari sumber ”orang dalam” di tubuh perusahaan kuda besi Amerika itu. Peluncuran dinyatakan siap pada September 2016.  

Mesin terbaru itu bakal diberi nama Milwaukee-Eight 107, nama yang sudah dipatenkan seagai merek dagang Harley-Davidson pada 2014 silam. Bocoran itu pun didukung dengan tampilan foto yang terkuak dari salah satu forum merek ini di Amerika Serikat.

Kata ”Eight” atau delapan, berarti mesin V-Twin itu mempunya empa katup per silinder, atau berjumlah delapan katup. Konfigurasi ini membantu untuk menekan emisi gas buang.

Sementara angka ”107” melambangkan kapasitas mesin dalam satuan cubic inch, atau setara dengan kapasitas mesin 1.753 cc.

Disinyalir, mesin ini akan digunakan beberapa model baru yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, kemungkunan besar diarahkan untuk model touring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com