Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Harley-Davidson akan Diambil Alih?

Kompas.com - 05/07/2016, 07:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif – Saham produsen sepeda motor besar Harley Davidson (HD) pada awal Juli ini melompat 19,76 persen, di angka 54,25 dollar Amerika Serikat (AS) per lembar. Beberapa berspekulasi, jika terjadi kenaikan ini, rumors berhembus akan ada pengambilalihan (take over) kepemilikan saham oleh ekuitas swasta (private equity).

Mengutip Rideapart.com dan 247wallst.com, pihak yang dimaksud adalah KKR & Company, perusahaan yang mengelola aset sekitar 126 miliar dollar AS, juga pemilik perusahaan di sektor energi, infrastruktur, dan properti.

Perjuangan HD untuk mempertahankan pasar dalam beberapa tahun ini tampak datar. Capaian ini dianggap kurang memuaskan para investor, yang berimbas pada rumors take over, oleh KKR & Company. Sebenarnya, kabar ini sudah bergulir sejak Desember 2015 lalu, namun belum terbukti. Ketertarikan KKR & Co pada moge khas Amerika ini juga sudah sempat terungkap sejak 2010 silam.

Ke depan, HD berencana akan menambah 150 sampai 200 diler di seluruh dunia, hingga 2020, dengan mempertahankan AS sebagai basis utama penjualan.

Dari laporan keuangan rutin yang diajukan setiap Februari, HD akan meningkatkan belanja untuk mendorong permintaan (demand). Khususnya untuk biaya pemasaranm riset, dan pengembangan, HD akan mengalokasikan dana sebesar 70 juta dollar AS, pada 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com