Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Diler Terbaik Honda Motor

Kompas.com - 08/08/2016, 14:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain memberikan apresiasi kepada siswa-siswi dengan ide bisnis yang menginspirasi, Honda juga memberikan penghargaan kepada tiga diler dengan program corporate social responsibility (CSR) terbaik, di ajang Astra Honda Motor(AHM) Best Student 2016, Minggu (7/8/2016).

Program yang digulirkan diler utama Honda, untuk bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Mulai dari upaya kebersihan lingkungan sampai pada peningkatan kesejahteraan yang berkesinambungan.

Diler Wahana Makmur Sejati (Jakarta dan Tangerang)

Melalui program Mekanik Development Program (MDP), main diler Wahana berhasil menjadi juara pertama. Wahana berupaya untuk menampung lulusan siswa SMK binaan Honda dan menyalurkannya ke AHASS di bawah supervisi Wahana, di wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Kami melihat ketika kondisi ekonomi kurang membaik, penyerapan kerja untuk lulusan SMK sangat kecil, dengan kata lain bayak lulusan SMK yang menganggur. Kami memprioritaskan dari SMK binaan kami untuk kami rekrut untuk disalurkan bekerja di AHASS,” ujar Harmina Montang, External Affairs Officer Wahana.

Harmina mengatakan, sebelumnya AHASS Wahana melakukan perekrutan sendiri, dan tidak jarang mendapat yang kualitasnya kurang mumpuni. “Jadi kami coba jembatani dengan program ini, di mana SMK yang direkrut sudah kami saring berdasarkan kemampuan, kelakuan, dan ilmu pengetahuan,” ucap Harmina.

Daya Adicipta Motora (Jawa Barat)

Menggandeng komunitas pecinta lingkungan, DAM mengkampanyekan program “Bersih Berdaya”. Kampanye ini mengajak masyarakat Bandung untuk mengurangi sampah dan membuang sampah pada tempatnya.

“Jika kampanye baru-baru ini plastik berbayar, namun kami kampanye reuseable bag, sehingga bisa mengurangi sampah plastik. Tas belanja itu bisa dibeli secara online atau hanya dengan menunjukkan STNK sepeda motor Honda,” ujar Aris Djatmiko, Public Relation, Digital dan CSR DAM.

“Kampanye kami lakukan di car free day, alun alun Kota Bandung, Dago dan Ujung Berung, dan dilakukan satu minggu sekali. Di sana masyarakat bisa menunjukkan STNK untuk mendapat tas belanja dari kami,” ujar Aris.

Diler Trio Motor (Kalimantan Selatan dan Tengah)

Program CSR yang digulirkan yaitu “Hope for Indonesia”, di mana terdapat tiga konten program, seperti Apprentice Trio Motor (ATM), Kewirausahaan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Honda Food Festival (HFF).

“Program kami ini adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan serta curahan hati masyarakat di sekitar perusahaan kami, sebagai sebuah cara untuk meningkatkan kesejahteraan, khususnya dari sisi ekonomi,” ujar Sauqi Maulana Bashaib, Corporate Communication Trio Motor.

Program ATM, yaitu menyalurkan SMK binaan Honda untuk bisa bekerja di dalam atau di luar Honda. Di sini akan ada pelatihan dan pemagangan yang tidak hanya mekanik, tapi bidang lainnya.

Program KDRT, yaitu dengan membina ibu rumah tangga dengan cara memberikan pengetahuan bertani hidroponik. Ada sekitar 13 peserta binaan, yang pada setiap kali panen menghasilkan pendapatan Rp 500.000 – Rp 1.250.000.

Program HFF, yaitu menampung pengusaha kuliner online yang diberikan tempat lokasi berdagang offline. Ada 23 pengusaha kuliner yang berhasil dikumpulkan dan program berjualan ini dilakukan setiap dua minggu sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com