Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejuaraan Balap Asia di Sentul, Yamaha Bidik Juara

Kompas.com - 03/08/2016, 17:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sentul, KompasOtomotif – Seri ke-4 pagelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 siap dihelat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, 5-7 Agustus. Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang bertarung di kelas Asia Production 250 (AP250) dengan pacuan Yamaha YZF-R25 sangat termotivasi dan membidik target podium juara.

Bertarung di kandang sendiri, dipastikan memberi keuntungan psikologis bagi kedua rider, yakni Galang Hendra Pratama dan Reynaldo Ratukore.

”Kami optimis YRI dapat bersaing maksimal. Terutama Galang Hendra yang sudah berlatih mengikuti di VR46 The Master Camp Italia bersama Valentino Rossi. Banyak pelajaran penting yang didapat disana,” ujar Supriyanto, Manager Motorsports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berbagai persiapan dilakukan tim YRI menjelang sesi latihan bebas yang akan dimulai Jumat (5/8/2016). Dalam hal ini, menyangkut kesiapan pacuan Yamaha YZF-R25 dan ketahanan fisik duet racer. Mereka konsisten menjalani program latihan fisik dan penajaman teknik balap.

Soal persiapan motor, tim terus melakukan analisa dan ujicoba setiap part yang mendukung perfoma mesin. Acuannya adalah setelan saat seri Suzuka. Tim berupaya menemukan formula yang tepat untuk mengoptimalkan EG setting sesuai dengan regulasi teknis ARRC 2016. Salah satu item yang diujicoba adalah Air Funnel.

Perangkat Air Funnel berhubungan dengan pasokan udara pada saluran masuk (intake) untuk membuat aliran udara optimal demi menunjang pembakaran. Peranti ini terdiri dari berbagai macam pilihan konstruksi dan pastinya disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Galang Hendra saat ini berada di posisi ke-5 klasemen sementara AP250. Sementara dilihatd ari rangking tim, YRI ada di urutan ke-3 di bawah Yamaha Thailand Racing Team dan Trickstar Racing Jepang. Perbedaan poin yang sangat tipis tetap membuat YRI optimistis. ARRC 2016 menyisakan tiga putaran lagi. Setelah Sentul, seri selanjutnya akan diadakan di India dan Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com