Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat-Chrysler Diselidiki FBI

Kompas.com - 19/07/2016, 12:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Fiat Chrysler Automobile (FCA) sedang diselidiki oleh Federal Bureau of Investigation (FBI) dan Securities and Exchange Commission (SEC). Alasan utama penyelidikan tidak dipublikasi, namun sumber Automotive News menyatakan terjadi kesalahan dalam laporan penjualan FCA di Amerika Serikat (AS).

Investigasi dilakukan Juli ini. Pihak berwenang sudah mengunjungi kantor FCA di Orlando, Florida, Dallas, Texas, dan California. Bahkan informasi telah dikumpulkan dari beberapa mantan karyawan FCA.

Dalam keterangan resminya, Senin (18/7/2016), FCA menyatakan, bekerja sama dengan SEC terkait laporan penjualan ritel tahunan di Amerika Serikat dan pernyataan finansial dalam tempo per kuartal.

“Catatan pendapatan FCA berdasarkan pengiriman ke diler dan konsumen dan bukan berdasarkan laporan penjualan unit kendaraan ke konsumen akhir,” jelas FCA.

FCA memerintahkan kepada karyawannya untuk tidak berbicara terkait persoalan ini kecuali didampingi pengacara. Penyelidikan diinisiasi oleh Departemen Kehakiman AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com