Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat Chrysler Tantang “Hacker” Jebol Sistem

Kompas.com - 15/07/2016, 09:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Kemajuan teknologi otomotif mempunyai satu kelemahan, yaitu berpotensi diterjang peretasan. Maka dari itu, semua pabrikan berlomba-lomba membuat sistem paling aman dan salah satu cara terbaik buat mengujinya dengan menantang langsung para hacker peretas.

Cara itu sedang dilakukan Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Perusahaan otomotif terbesar ketujuh di dunia itu telah bekerja sama dengan perusahaan uji keamanan Bugcrowd Inc yang memiliki sekitar 32.000 pengguna.

Semua akun itu dipersilakan mengetes perangkat lunak yang sudah dibuat FCA. Buat peretas yang sanggup menemukan kelemahan dan bisa memberikan informasi berguna, FCA bakal mengganjar hadiah sampai 1.500 dollar Amerika Serikat (Rp 19,6 juta).

“Ini penting bahwa respons terjadi begitu cepat. Jika kami bisa mendapat informasi apa saja dari program ini yang berguna buat kami untuk melindungi kendaraan, maka hal itu akan terbayar dengan sendirinya, dalam opini saya,” kata Titus Melnyk, manajer senior arsitektur keamanan FCA, kepada Detroit News, Rabu (13/7/2016).

Jeep Cherokee 2014
Dalam beberapa tahun terakhir usaha peretasan yang sukses telah bermunculan. Salah satunya terhadap produk FCA, Jeep Cherokee 2014. Model itu terbukti rentan karena peretas bisa menyusup lewat sistem hiburan pada dasbor lantas mengontrol berbagai fungsi, misalnya setir, rem, dan transmisi. Bahkan hal itu bisa dilakukan menggunakan laptop yang berada di luar negeri.

Selain FCA, pihak yang sudah bekerja sama dengan Bugcrowd Inc adalah Tesla Motors.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com