Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi ”Handling” Terbaru Mazda

Kompas.com - 15/07/2016, 19:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Mazda mulai memberikan detail teknologi pertama dari rangkaian inovasi SkyActive-Vehicle Dynamics untuk memperbaiki dan berhubungan dengan pergerakan serta pengendalian mobil.

Teknologi pertama dari seri itu adalah G-Vectoring Control (GVC), diklaim sebagai sistem satu-satunya di dunia yang mampu mengontrol torsi mesin dari masukan pergerakan setir. Intinya, teknologi ini mempertimbangkan mendistribusi bobot ban.

Keinginan pengemudi diterjemahkan dari pergerakan setir, lalu mobil dengan pintar menghitung algoritma lateral dan longitudinal yang dihubungkan dengan tekanan saat mobil akselerasi dan berbelok.

Mazda Mazda G-Vectoring Control membagi bobot ban untuk menikung sempurna.
Mazda mengklaim, optimalisasi bobot pada masing-masing ban membuat mobil bertahan di ”garisnya” sesuai ”perintah pengemudi, sekaligus mengurangi koreksi pada setir. Ini juga yang membuat traksi pada masing-masing ban bikin pengemudi makin percaya diri.

Handling yang sangat baik ini akan sangat berguna saat mobil melaju di lintasan basah, bersalju, atau permukaan jalan yang kurang baik. Sebagai bonus, GVC juga berguna untuk membuat nyaman mobil saat pedal gas diinjak untuk berakselerasi.

GVC akan pertama diterapkan pada Mazda3 terbaru di Jepang. Lalu disusul Mazda6 di Amerika Serikat. Rentetan teknologi lain SkyActiv-Vehicle Dynamics akan menyusul dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com