Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Baru Mazda Lahir di Pabrik Isuzu Thailand

Kompas.com - 15/07/2016, 10:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Pengumuman kerja sama Mazda dan Isuzu untuk mengembangkan pikap generasi baru pada Senin (11/7/2016), mengubah skema produksi di Thailand. Nantinya, produksi model baru yang belum disebutkan namanya itu akan lahir dari pabrik Isuzu.

Selama ini satu-satunya pikap Mazda, BT-50, dicetak massal di pabrik Rayong, Thailand, bersama Mazda2, Mazda3, dan crossover CX3.

Pabrik itu dioperasikan oleh perusahaan joint venture Mazda dengan Ford, AutoAlliance. Itulah sebabnya, model Ford yang berbagi arsitektur dengan BT-50, pikap Ranger dan SUV Everest juga diproduksi di sana.

Car Advice Mazda merilis foto BT-50 terbaru.
Presiden Mazda Thailand, Hidesuke Takesue, mengatakan, AutoAlliance tidak lagi memproduksi pikap generasi terbaru Mazda. Dalam strategi jangka panjang, AutoAlliance nantinya hanya akan memproduksi mobil penumpang Mazda saja.

“Rincian lebih lanjut akan ditentukan, tapi saya yakin kerja sama ini akan membuat pikap Mazda lebih sukses di pasar global, termasuk Thailand,” kata Takesue, dilansir dari Bangkok Post,  Rabu (13/7/2016).

Dia juga menegaskan kolaborasi Mazda dan Ford yang telah bejalan selama 45 tahun tidak berakhir. AutoAlliance tetap memproduksi Ranger dan Everest, tetapi tidak disebut sampai kapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com