Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Sepi...

Kompas.com - 05/07/2016, 18:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Suara knalpot, deru mesin, dan hirukpikuk aktivitas warga Ibu Kota di jalan raya memudar. Pemandangan sore hari yang biasanya dihiasi ramainya kendaraan tidak lagi banyak terlihat pada hari ini Selasa (5/7/2016), sekitar pukul 16.00 WIB. Jakarta mulai sepi. 

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana Jalan Jendral Sudirman, Selasa (5/7/2016), sekitar pukul 16.00 WIB.
Salah satu kawasan yang jadi "jantung" Jakarta, Jalan Jendral Sudirman, terlihat lowong. Tidak ada ekspresi wajah tak karuan pengemudi ataupun pengendara yang sering kali terlihat karena macet. Bus Transjakarta masih beroperasi, tapi sepi penumpang.

Di sekitar, di Jalan Asia Afrika, pemandangan sama ajaibnya. Keramaian hanya terjadi karena kendaraan berhenti di lampu merah, sisanya warga bisa menikmati momen tanpa perlu banyak berulang kali menggunakan pedal rem dan gas.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana Jalan Asia Afrika, Selasa (5/7/2016), sekitar pukul 16.00 WIB
Hari ini memang kebanyakan warga beraktivitas hanya setengah hari sebab besok sudah libur Lebaran. Andai Jakarta bisa seperti ini terus, waktu tempuh perjalan urban bisa jauh dipangkas. Selain hemat bahan bakar juga menjaga level kepenatan pengguna jalan. Ujungnya warga sehat buat beraktivitas.

Jakarta sepi seperti ini terbilang langka, hanya terjadi menjelang Lebaran. Biasanya, pada libur nasional yang lain jalan raya tetap padat. Heningnya jalanan juga mengingatkan kembali pada kita bahwa seisi Jakarta kebanyakan warga pendatang 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com