Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Recall" Honda-Takata Membengkak Jadi 51 Juta Unit

Kompas.com - 17/05/2016, 15:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif — Jumlah kendaraan Honda yang harus diperbaiki karena masalah kantong udara Takata kini bertambah 21 juta unit. Tambahan baru itu mengakumulasi total recall global Honda menjadi 51 juta kendaraan.

Pernyataan tambahan itu diungkap Executive Vice President Honda Tetsuo Iwamura, pekan lalu. Pengumunan menyusul prediksi baru National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pada 4 Mei 2016 yang mengatakan masih ada 35 juta – 40 juta unit bermasalah di Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari New York Times, Jumat (13/5/2016), Iwamura tidak merinci dari negara mana saja tambahan 21 juta unit itu, tetapi kemungkinan besar kebanyakan dari AS sesuai permintaan NHTSA. Honda adalah konsumen terbesar Takata.

Masalah kantong udara Takata yakni pada bagian inflator yang dapat “meledak” berlebihan. Hal itu berpotensi menyebabkan serpihan benda beterbangan seperti peluru tajam di kabin. Kesalahan cara kerja itu diklaim telah menyebabkan 11 kematian di seluruh dunia dan lebih dari 100 orang cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com