Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikawal Dua Main Diler, Honda Berjaya di Padang

Kompas.com - 08/05/2016, 10:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Padang, KompasOtomotif – Penjualan sepeda motor Honda untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar), ada di bawah kawalan dua main diler, Menara Agung dan Hayati. Dua mesin marketing Astra Honda Motor (AHM) tersebut, memiliki pangsa pasar bagus di daerah yang jadi bagiannya.

Hendri Faezal, General Manager PT Hayati mengatakan, secara keseluruhan, dibanding tahun lalu penjualan sepeda motor turun13 sampai 14 persen. Namun untuk Honda sendiri, khususnya dari total 29 diler milik Hayati, masih mempertahankan dominasi market share sebesar 77 persen.

“Kontribusi kami dibanding periode yang sama pada kuartal pertama tahun lalu meningkat dari 74 persen ke 77 persen. Sementara kalau melihat dari jumlah unit yang terjual menurun, sebesar 7-8 persen,” ujar Hendri, Sabtu (7/5/2016).

Sementara itu, Ari Rurthanto, General Manager Menara Agung menyampaikan, untuk pencapaian dilernya di Sumatera Barat, ada kenaikan pangsa pasar di 3-4 persen, sehingga menjadi 75 persen. Jika Hayati dari segi kuantitas unit menurun, namun Menara Agung berhasil meningkatkan volume unit sebesar 2-3 persen, dibanding tahun lalu.

“Mungkin di antara kami berdua memiliki kualitas pasar yang tidak sama, sehingga hasil akhirnya juga berbeda. Namun, kami masih bisa mempertahankan dominasi Honda di Sumatera Barat. Kami memiliki 21 diler di Sumbar, lebih sedikit dari Hayati,” ujar Ari.

Keduanya melanjutkan, jika digabung antara Hayati dan Sumber Agung, total pangsa pasar kami di Sumbar bisa jadi di angka 77 persen. Sementara total penjualan perbulannya sebesar 5.300 unit.

“Kalau untuk kontribusi nasional, kami ada di angka 1,66 persen. Namun, angka tersebut bukan yang terkecil, karena masih ada daerah lain yang lebih kecil. Sementara di Sumatera kami ada di posisi keempat,” tutur Ari dan Hendri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com