Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Komponen Lokal Belum Mau Pameran

Kompas.com - 30/03/2016, 10:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pameran komponen otomotif Indonesia International Auto Parts, Accesories and Equip Exhibition 2016 (INAPA) lebih banyak menjaring pengusaha asing. Sementara pemain lokal justru jadi minoritas.

Sebelumnya, pada konferensi pers INAPA, Rabu (13/3/2016) berlokasi di Hotel Sari Pan Pasific, Thamrin, Baki Lee, Presiden Direktur PT Global Expo Management (GEM) sebagai pihak penyelenggara mengatakan kepada KompasOtomotif, komposisi peserta 80 persen asing dan 20 persen lokal.

Hadi Surjadipradja, Vice President Gabungan Industri Alat-Alat Mobil Motor (GIAMM) juga menyatakan, pengusaha komponen yang berada di bawah naungannya tidak banyak yang ikut. Dirinya tidak menyebutkan berapa jumlah yang berpartisipasi.

“GIAMM yang ikut INAPA tidak tidak banyak, berapa jumlahnya juga saya tidak tahu, mereka tidak lapor. Nampaknya juga pameran ini diarahkan untuk pengusaha yang berminat ekspor,” ujar Hadi, Selasa (29/3/2016).

Hadi melanjutkan, lagipula kalau mengikuti pameran, pengusaha aksesori bisa dimarahi oleh para dilernya. “Kamu tidak percaya sama saya, masih mencari yang lain,” ujar Hadi seraya menirukan perkataan diler-diler.

“Walaupun pamerannya memang diarahkan untuk pengusaha komponen lokal, namun pelaku lokal kekeh tidak mau ikut, mau bagaimana lagi. Bisa juga mereka tidak melihat ada keuntungan mengikuti pameran,” ujar Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com