Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transmisi Aneh, FCA "Recall" Jutaan Unit Kendaraan

Kompas.com - 25/04/2016, 16:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Detroit, KompasOtomotif -  Produsen mobil Fiat Chrysler Automobile (FCA), Jumat (22/4/2016) mengumumkan akan melakukan recall (penarikan kembali) 1,1 juta unit mobilnya. Penarikan ini disebabkan oleh tuas transmisi yang membingunkan pengemudi, dan berujung pada timbulnya kecelakaan.

Petunjuk yang ada pada tuas transmisi, kerap mengecoh pengemudi. Mereka menganggap bahwa mobil sudah dalam posisi parkir, tapi ternyata tidak. Akibatnya, ketika pengemudi keluar, mobil menggelinding sendiri.

Model mobil yang terkena recall ini cukup beragam, yaitu Dodge Charger dan Chrysler 300 lansiran 2012-2014, kemudian sport utility vehicle (SUV) Jeep Grand Cherokee keluaran tahun 2014-2015. Ada total 811.586 unit kendaraan di Amerika, 52.144 unit di Kanada, 16.805 di Meksiko, dan 248.667 unit di lokasi lain, yang tersebar di seluruh dunia.

Bryan Thomas, Juru bicara lembaga keselamatan jalan raya, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan, ini merupakan isu keselamatan berkendara, dan jadi salah satu penyebab ratusan kasus tabrakan serta menyebabkan lusinan orang cedera.

Pihak FCA juga mengatakan, akan memperbaiki kendaraan yang di-recall tersebut, dan mencegah kasus serupa terjadi kepada pemilik mobil. Namun pihak FCA belum mengumumkan kapan perbaikan akan rampung.

"Tentunya kami akan memantau recall ini dengan hati-hati, dan memastikan bahwa (Fiat Chrysler) menghasilkan sebuah solusi yang aman. Kemudian konsumen juga bisa dengan cepat mendapatkan kembali kendaraannya,” tutur Thomas, seperti dilansir Reuters.com, Senin (25/4/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com