Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Putra Bangsa yang Ikut Mendesain Toyota Sienta

Kompas.com - 07/04/2016, 18:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Sienta yang diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter konsumen Tanah Air. Bahkan, dalam membuat desain, Toyota Indonesia pun ikut dilibatkan.

Yui Hastoro S, Director Purchasing, Engineering, Quality Assurance Project Planning & Management PT TMMIN, menjelaskan, terdapat divisi khusus yang disiapkan untuk menangani Sienta, baik dari mesin hingga pembuatan desain.

“Kalau desain, ada lima orang yang terlibat dan mesin juga cukup banyak,” kata Yui saat ditemui KompasOtomotif, usai peluncuran Sienta di Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Model terbaru Toyota untuk Indonesia, Sienta diperkenalkan di IIMS 2016.

Meski yang membuat desain dari Indonesia, namun dalam hal penentuannya tetap dari Jepang. Intinya, bentuk Sienta khusus pasar domestik nasional disesuaikan dengan permintaan dan masukan konsumen.

“Seperti bentuk grillnya kan dibuat berbeda dengan versi Jepang. Kalau kita terlihat seperti sedikit senyum, karena setelah kita lakukan survei, masyarakat tidak suka dengan yang versi Jepang, katanya terlalu mencermintan wajah sedih,” ujar Yui.

Tingkat Kesulitan

Yui melanjutkan, dalam membuat desain ada beberapa kesulitan yang dialami. Salah satunya ketika mengaplikasikan dari sketsa ke tanah liat (clay), karena belum terbiasa.

“Dulu kan kita masih minta ke luar, sekarang kita sudah dilibatkan sampai ke situ. Itu tantangan terberatnya, tetapi bisa dilalui dengan baik,” ucap Yui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com