Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sienta Dibanderol Mulai Rp 230 Juta

Kompas.com - 07/04/2016, 14:55 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Indonesia memenuhi janjinya untuk memperkenalkan model terbarunya, Sienta di IIMS 2016, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016). Mobil keluarga berjuluk Multi Activity Vehicle (MAV) menjadi andalan baru Toyota di segmen kendaraan multi guna menengah, mengisi ceruk antara Avanza dan Kijang Innova.

Sienta akan dirakit di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, mulai Juni. Pemasaran juga baru dilakukan Juli mendatang, lalu mengapa sekarang sudah diperkenalkan?

"Sienta hadir untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia akan sebuah kenadaraan serba guna. Paling penting adalah sudah dirakit di Karawang dengan kandungan lokal cukup tinggi," kata Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto di booth Toyota IIMS 2016, Kamis (7/4/2016).

Sienta menawarkan sensasi yang berbeda ketimbang kedua saudaranya, Avanza maupun Innova. Mobil ini berpenggerak depan, punya sepasang pintu geser (slide-door), dan bekalan transmisi CVT. Meski kapasitasnya sama, 1.5L, seperti Avanza, tetapi dipastikan mesinnya berbeda.

Mesin yang digunakan Sienta merupakan model baru RN-R 1.500cc dual VVT-i.  Jantung pacu yang pabriknya baru beroperasi awal tahun ini, berlokasi juga di Karawang. Mesin ini diproduksi menggunakan aluminium, sehingga diklaim lebih efisien dan hemat bahan bakar.

Henry melanjutkan, mobil dengan kapasitas 7-penumpang ini hadir dengan empat pilihan varian, yakni E, G, V dan Q. Bicara harga, Henry belum mau menjelaskan detailnya berapa, tetapi sudah menyampaikan acuan pastinya.

“Rentang harga dimulai Rp 230 juta sampai Rp 295 juta, banderol sudah on the road Jakarta dan sekitarnya.  Produksinya dimulai Juni dan dikirimkan ke konsumen Juli. Tetapi sekarang sudah bisa dipesan oleh konsumen," ujar Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com