Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Bangkok

Menanti Isuxu D-Max dan MU-X "Blue Power" Masuk Indonesia

Kompas.com - 28/03/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Pada ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2016, Isuzu meluncurkan varian baru duet andalannya, pikap D-Max dan sport utility vehicle (SUV) menengah MU-X. Keduanya mendapat "jatah" mesin baru, diesel 1.9-liter Ddi.

Kedua model ini sekaligus diluncurkan untuk mengisi menggantikan model lawas bermesin 2.5-liter diesel di kedua produk. Lantas, kapan keduanya bakal masuk ke Indonesia?

Yohei Kato, General Manager Isuzu Motors International Thailand, mengatakan, kemungkinan kedua varian untuk dipasarkan ke Indonesia cukup besar. Teknologi yang dianggap baik, bertenaga, dan irit bahan bakar, bakal mampu menjadi nilai tambah bagi persaingan di segmen SUV menengah dan pikap kabin ganda di pasar domestik Indonesia.

“Saat ini memang hanya untuk pasar domestik Thailand, tapi kami berjanji akan meluncurkannya di Indonesia, melalui dua produk kami, yaitu D-Max dan MU-X,” ujar Kato kepada KompasOtomotif, di sela kunjungan pabrik Isuzu Samrong, pekan lalu (23/3/2016).

Aditya M/KompasOtomotif Isuzu MU-X meluncurkan varian baru dengan mesin lebih kecil.

Mengapa belum meluncur di Indonesia, Kato menjelaskan, hal ini terkait regulasi yang berlaku berbeda di masing-masing negara. Indonesia, katanya, masih menggunakan standar emisi Euro II, sedangkan mesin terbarunya ini sudah memenuhi Euro IV.

“Tetapi ini bukan masalah besar dan kami yakin mesin ini bisa masuk ke Indonesia,” ucap Kato.

Ditemui di tempat sama, sumber KompasOtomotif dari Isuzu mengungkapkan, bahwa kemungkinan D-Max dan MU-X masuk ke pasar otomotif Indonesia cukup besar. Sebab, secara harga harusnya lebih murah, karena tidak kena pajak barang mewah dan tenaganya tetap besar serta mampu menawarkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) signifikan.

“Sekarang gini, mobil mewah seperti BMW, Mercedes-Benz, memang standar emsisinya sudah Euro berapa? Mereka saja bisa, masa kami tidak bisa, jadi tunggu saja,” kata sumber itu.

Di Indonesia, D-Max yang sudah di pasarkan menggendong mesin diesel 2.5-liter VGS Turbo, dan MU-X juga dibekali mesin diesel sama, yaitu 2.5-liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com